CARA MENGATASI TOUCH SCREEN YANG JALAN SENDIRI

Cara Mengatasi Touch Screen Yang Jalan Sendiri – Ghost touch atau biasa kita sebut sebagai layar touch screen yang berjalan sendiri ketika smartphone sedang aktif memang sangat mengganggu apalagi jika digunakan pada saat yang benar-benar dibutuhkan.

Hal ini sangat lumrah terjadi pada hampir semua perangkat yang menggunakan capatititive lcd touch screen sebagai tumpuannya.

Khususnya pada smartphone hal ini bisa diatasi dengan berbagai cara mengatasi touch screen yang jalan sendiri, berikut ini langkah-langkahnya.

MENGATASI TOUCH SCREEN YANG JALAN SENDIRI

mengatasi touchscreen mencet sendiri

Mengecek dan mengkalibrasi lcd beserta tempered glassnya

Lazimnya sebuah smartphone selalu dipasangi dengan pelindung layar atau tempered glass pada layarnya, ghost touch dapat terjadi salah satuya karena pemasangan yang kurang benar dan rapat.

Namun jika pemasangannya benar kemungkinan terjadi ghost touch akan sedikit. Lakukanlah kalibrasi pada layar touch screen pada menu setelan, proses tersebut akan mendiagnosa sejauh apa masalah terjadi pada lcd capatitive touch screennya.

Merestart smartphone

mengatasi layar sentuh bergerak sendiri

Cara selanjutnya adalah dengan mereboot atau restart smartphone, karena ghost touch juga dapat terjadi karena salah satunya error pada system android.

Dengan melakukan restart system akan bekerja normal seperti biasanya, apabila touch screen tetap berjalan sendiri lanjutkan dengan memeriksa keadaan suhu smartphone.

Panasnya suhu dapat berpengaruh pada hardware dan software android, sehingga terkadang mucul masalah ini.

Mendinginkan smartphone

Ghost touch dapat terjadi karena over heat pada smartphone, sehingga cara ketiga yang dapat dilakukan adalah dengan mendinginkan smartphone selama beberapa saat.

Pada beberapa smartphone yang dapat dipisahkan beberapa bagian kamu dapat melepas chasing beserta baterainya, namun pada smartphone dengan model terbaru cukup didiamkan saja selama beberapa saat. Karena biasanya baterai dan semua hardware menyatu dalam satu bagian saja.

Setelah didiamkan beberapa menit, coba kembali hidupkan smartphone dan cek apakah masih terjadi ghost touch atau tidaknya.

Jika proses ini berhasil kemungkinan kendalanya berada pada hardware yang tidak mampu mendinginkan smartphone, idealnya adalah smartphone akan mengalami gost touch ketika system bekerja sangat berat dan suhunya memanas.

Mengganti charger

Cara lain adalah dengan menggunakan pengisi daya yang original bawaan smartphone, karena ghost touch juga bisa muncul dari penggunaan charger yang tidak original dalam jangka waktu yang lama.

Perangkat charger juga harus cocok, artinya bukan hanya adaptornya saja melainkan juga beserta kabelnya. Untuk itulah sebisa mungkin hindari pengisian daya dengan charger yang bukan bawaanya.

Memperbaiki bug software

mengatasi hp mencet-mencet sendiri

Bug juga bisa memunculkan ghost touch, bug merupakan effect dari bawaan aplikasi yang tidak berasal dari smartphone.

Oleh karena itu sebaiknya juga dihindari penginstalan aplikasi yang terlalu sering sering sehingga dapat memunculkan bug yang mengganggu kerja system android.

Bug juga dapat muncul karena proses root, jika smartphone pernah di root sebelumnya, maka sebaiknya dilakukan proses unroot.

Baca Juga:

Mengatasi layar bergerak sendiri

Factory reset

Cara selanjutnya apabila terjadi ghost touch adalah melakukan reset pabrikan, cara ini bisa jadi merupakan solusi untuk menghilangkan ghost touch.

Karena dengan dilakukannya factory reset semua aplikasi akan kembali seperti semula bawaan awal smartphone, system juga akan bekerja lebih normal karena tidak terbeban dengan aplikasi non bawaan.

Factory reset atau setel ulang smartphone dapat ditemukan di menu pengaturan setelan tambahan.

Service smartphone

Jika kalian masih sayang terhadap smartphone ini dan seringkali terjadi ghost touch dan mengganggu, sebaiknya kalian segera membawanya kepada ahlinya.

Service center merupakan pilihan bijak untuk mengembalikan performa smartphone menjadi sembuh seperti sedia kala. Adapun berbagai layanan juga bisa dipastikan terjamin, mulai dari proses flash, hingga penggantian sparepartnya.

Cara paling ampuh terakhir adalah dengan mengganti smartphone dengan smartphone baru, patut juga dicoba manakala smartphone kalian sudah cukup tua renta dan sistemnya berjalan sangat lambat tergerus dengan cepatnya zaman berputar.