CARA MENGATASI LAYAR SENTUH ANDROID TIDAK BERFUNGSI SEBAGIAN

Cara mengatasi layar sentuh android yang tidak berfungsi sebagaian – Deadspot  bisa disebut juga sebagai hilangnya fungsi sentuh sebagian pada layar touch screen.

Hal ini sangat mungkin terjadi pada banyak perangkat yang menggunakan fungsi komando dari adanya sentuhan terhadapnya.

Berbagai perangkat mulai Smart LED TV, Tablet dan Smartphone bisa terkena resiko deadspot karena hampir seluruh hardwarenya berjalan menggunakan fungsi command touching.

Mungkin kamu pernah mengalami atau melihat kejadian semacam ini pada perangkat ponsel. Jika sudah seperti itu, kebanyakan orang akan mulai gusar karena karena hilangnya fungsi sebagian layar.

cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh sebagian

Kita telah tahu jika untuk membalas pesan atau chat saja kurang lebih sepertiga layar berisikan tombol keyboard, bagaimana jika pada sebagian layar itu kehilangan fungsinya.

Berikut ini ada cara mengatasi layar sentuh android yang tidak berfungsi sebagaian dengan beberapa cara mudah.

Penyebab layar sentuh tidak berfungsi

Deadspot bisa terjadi karena berbagai hal, baik itu bersumber pada kerja software maupun hardwarenya.

Pada bagian softwarenya hal ini dipengaruhi oleh tingginya aktifitas RAM dalam memproses system, kecenderungannya bisa menjadi hang atau hilangnya fungsi touching ini.

Dead spot juga bisa terjadi lantaran kerusakan hardwarenya, bisa jadi karena smartphone pernah terjatuh, terkena air, mengalami tekanan benda berat, penggunaan charger yang tidak sesuai serta umur smartphonenya.

Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk mengembalikan fungsi command touching pada layar smartphone? Berikut ini yang bisa kamu lakukan.

MENGATASI LAYAR SENTUH ANDROID TIDAK BERFUNGSI SEBAGIAN

layar sentuh tidak berfungsi sebagian

Kalibrasi manual dan reset

Kamu dapat melakukan kalibrasi manual untuk mengetahui lebih jauh pada titik mana saja deadspot terjadi.

Bersihkan dahulu layar smartphone idealnya dalam keadaan non aktif atau standby menggunakan tisu atau kain halus, lanjutkan dengan menekan layar dengan telunjuk semacam gerakan akupuntur pada layar smartphone.

Hidupkan smartphone dan kembali coba apakah masih terjadi deadspot atau normal, jika sudah normal maka proses selesai.

Namun jika tetap, maka harus dilakukan kalibrasi pada menu pengaturan dan cari keterangan kalibrasi. Lakukan kalibrasi untuk mengetahui titik-titik deadspotnya, ulangi beberapa kali lanjutkan dengan proses reset.

Cek dan bersihkan RAM android

Cara lainnya adalah membersihkan RAM android dari cache aplikasi, lanjutkan dengan mencarinya pada menu penyimpanan pada setelan.

Cek ulang ketersediaan RAM untuk menjalankan system, jika hampir penuh segera lakukan cleaning cache. Lanjutkan dengan mengubah atau mengutak-atik resolusi layar smartphone, mungkin saja yang saat ini terpasang kurang sesuai dengan versi smartphone. Ulangi satu-dua kali dan dilanjutkankan dengan reset.

Baca Juga:

Mengatasi layar sentuh error bergerak sendiri

Mengganti charger factory reset

Deadspot bisa juga terjadi karena penggunaan charger yang tidak sesuai, hal ini bisa terjadi karena mungkin dilakukan pengisian daya tidak dengan pengisi daya bawaanya.

Sebaiknya kamu mengganti charger agar dapat lebih sesuai dengan kapasitas batreai ponsel dan tidak mengganggu kinerja ponsel. Effect lainnya adalah penggunaan charger yang tidak sesuai dalam jangka waktu lama juga akan merusak smartphone.

Jika beberapa cara diatas tetap tidak dapat berfungsi, cobalah untuk melakukan factory reset.

Pengaturan pabrikan ini merupakan cara terakhir untuk mengembalikan fungsi touching, dengan resiko hilangnya beberapa data pada smartphone jika tidak dilakukan back up terlebih dahulu.

penyebab touchscreen tidak berfungsi sebagian

Ganti touch screen

Jika beberapa hal di atas sudah dilakukan namun hasilnya tetap saja sama, maka tiada cara lain selain harus mengganti hardwarenya.

Penggantian layar touch screen sebaiknya kamu lakukan pada service center resmi merk smartphonenya, dengan tujuan adanya jaminan penggantian sparepart original yang digunakan oleh merk itu ditangani oleh tenaga professional serta adanya garansi gratis yang ditawarkan jika smartphone mengalami kendala di kemudian hari.

Baca Juga: