Contoh surat penawaran

Contoh surat penawaran. Surat penawaran adalah surat yang berguna bagi seseorang atau kelompok untuk menawarkan produk, jasa atau relasi kerja sama dengan pihak lain.

Fungsi Surat penawaran memiliki peranan yang penting bagi para pengusaha, pedagang, perusahaan dan lain sebagai nya guna memperluas jaringan dan pemasaran dari produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Biasanya Surat penawaran akan dikeluarkan setelah ada nya surat permintaan. Dengan surat penawaran ini, kedua pihak dari perusahaan atau perorangan akan menyepakati apa yang telah tercantum dalam surat penawaran tersebut.

Berikut ini adalah penjelasan tentang surat penawaran dan contoh surat penawaran yang bisa kalian jadikan referensi dalam menulis surat tersebut.

Contoh surat penawaran

Baca Juga:

Struktur kepenulisan surat penawaran

Surat penawaran merupakan jenis surat resmi yang memiliki kaidah penyusunan dan kepenulisan surat yang runut, sistematis dan baku sesuai dengan templete yang telah berlaku secara resmi. Bagian-bagian dari surat penawaran adalah sebagai berikut.

1. Kop surat atau kepala surat

Bagian Kop surat atau kepala surat merupakan bagian yang wajib ada dalam sebuah surat penawaran. Kop surat ini berisi nama perusahaan, alamat, nomer telepon dan lain sebagai nya.

2. Pembuka surat

Pada bagian ini berisikan penjelasan singkat dari penawaran apa yang diinginkan si pengaju surat tersebut. Biasanya juga surat ini adalah tanggapan dari surat yang sebelum nya. Penjelasan dari pembuka surat ini harus singkat, padat dan jelas serta menggunakan bahasa yang formal dan baku sesuai ejaan yang benar.

3. Isi surat

Bagian selanjutnya dari surat penawaran adalah isi surat. Pada bagian isi si penawar menjelaskan produk atau jasa atau bentuk kerja sama seperti apa yang diinginkan oleh perusahaan penawar tersebut.

Kemudian Juga di jelaskan secara singkat bagaimana cara pemesanan produk yang di tawarkan dan lain sebagai nya. Pada bagian isi juga di jelaskan secara singkat dan langsung pada poin utama nya. Namun jika perlu penjelasan yang rinci maka surat penawaran tersebut harus menyertakan juga lampiran.

4. Penutup surat

Penutup surat penawaran harus menyertakan kontak yang bisa di hubungi klien. Saran kami agar membuat bagian penutup dari surat penawaran ini menggunakan bahasa yang sopan dan bisa membuat perusahaan atau klien tersebut tertarik dengan apa yang kamu tawarkan.

Baca Juga:

Tips membuat surat penawaran

Setelah kamu mengetahui bagaimana struktur kepenulisan surat penawaran, berikut akan kami jelaskan dan berikan tips singkat dalam menulis surat penawaran agar klien tertarik

1. Nama perusahaan

Jangan lupa cantumkan nama dan identitas perusahaan milik mu agar klien yakin dengan penawaran dari perusahaan milik mu.

2. Stok barang

Lampirkan juga berapa stok barang atau produk yang tersedia dari perusahaan milik mu. Melampirkan jumlah stok barang memiliki peran yang penting agar si klien semakin yakin dengan apa yang kamu tawarkan dan sesuai dengan kebutuhan dari klien tersebut.

3. Penjelasan produk

Jelaskan juga dengan rinci dari produk yang kamu tawarkan mulai dari kelebihan dan fitur-fitur unggulan sehingga si klien tertarik.

4. Harga

Untuk harga kamu bisa cantumkan secara khusus. Buat klien seakan menjadi orang yang istimewa dan berikan harga khusus kepada mereka. Dengan begitu besar kemungkinan mereka bakal tertarik dengan apa yang kamu tawarkan.

Itulah beberapa tips membuat surat penawaran.

Contoh surat penawaran

Berikut ini adalah contoh surat penawaran yang dapat menjadi referensi untuk kalian semua :

1. Surat penawaran jasa cleaning service

2. Surat penawaran jasa instalasi listrik

3. Surat penawaran bimbingan belajar siswa

4. Surat penawaran kerja sama bisnis

5. Surat penawaran harga produk

Nah itulah sekilas mengenai surat penawaran beserta dengan contoh nya. Sekian dan terima kasih.

Tipandroid contoh surat ,,