Perbedaan stable rom dan developer rom

Xiaomi merupakan salah satu produsen gadget yang berkembang sangat pesat akhir-akhir ini dengan memiliki lonjakan pengguna hingga ratusan persen dalam beberapa tahun terakhir menjadikan xiaomi ancaman bagi para pemain-pemain besar seperti Samsung dan apple.

Xiaomi yang awalnya tidak di perhitungkan kini menjadi pesaing yang cukup berat karena handphone asal china ini memiliki banyak kelebihan yang tak di miliki oleh smartphone lain.

Namun di bandrol dengan harga yang cukup terjangkau dan tak jarang harga handphone xiaomi lebih murah jika di bandingkan dengan handphone keluaran sampsung dan apple.

Salah satu hal unik yang ada pada perangkat xiaomi adalah stable rom dan developer rom, lalu apa perbedaan stable rom dan developer rom?

rom miui

Apa itu stable rom dan developer rom serta perbedaanya

Jika anda baru menggunakan xiaomi atau bukan pengguna xiaomi mungkin anda masih asing dengan istilah stable rom dan developer rom.

Karena di handphone keluaran milik xiaomi ini terdapat dua pilihan rom yang dapat anda pilih untuk dipasang di perangkat xiaomi anda yakni miui stable rom dan developer rom.

Developer rom

perbedaan rom xiaomi developer dan stable

Developer rom adalah rom resmi keluaran xiaomi yang mana dapat di instal di seluruh perangkat xiaomi dan yang unik dari developer rom ini adalah rom ini akan selalu update setiap minggunya.

Sehingga jika ada pembaruan rom atau pembaruan sistem maka secara otomatis maka rom akan terupdate tanpa anda harus memerintahkannya, setiap minggu rom ini akan mengupdate sendiri ke versi pembaruannya.

Hal ini biasanya mencakup untuk mengurangi masalah atau bug, mengurangi eror yang muncul dan bahkan anda akan mendapatkan fitur-fitur baru terupdate yang di berikan oleh xiaomi.

Stable rom

xiaomi global version maksudnya?

Sedangkan stable rom adalah merupakan rom resmi dari xiaomi juga namun berbeda dengan versi developer rom karena versi stable rom artinya versi stabil.

Arti stabil disini yang di maksud adalah anda dapat menggunakan rom versi stable ini selamanya tanpa terganggu oleh update setiap minggu karena versi ini tidak menyediakan update terbaru.

Namun akan di update setiap bulan atau bahkan di update jika hanya di perlukan saja, kekurangan dari stable rom adalah anda jadi kurang update mengenai pembaruan aplikasi dan sistem serta rom yang terdapat pada perangkat xiaomi ini.

Baca Juga:

Keuntungan menggunakan stable rom dan developer rom

stable vs beta rom

Adapun keuntungan jika anda menggunakan stable rom maupun developer rom yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut.

  • Keduanya sama-sama rom yang di keluarkan secara resmi oleh pihak xiaomi sehingga anda tidak perlu khawatir akan terjadi eror, tidak kompatibel, tidak bisa dijalankan, tidak mendukung sistem dan lainnya. karena ini versi resmi sudah pasti stable rom dan developer rom keduanya sama-sama bagus dan di anjurkan untuk di gunakan oleh pengguna setia xiaomi pada perangkatnya sehingga di pastikan kedua versi ini akan berjalan lancar jika di gunakan, sekarang tinggal pilihan anda apakah ingin memilih stable rom atau developer rom.
  • Selalu update, kedua pilihan rom ini yakni stable rom dan developer rom selalu update sehingga anda tidak akan ketinggalan pembaruan sistem oleh siaomi, hanya saja yang membedakan stable rom di perbarui setiap bulan sekali atau ketika ada update terbaru saja sedangkan developer rom di perbarui setiap meinggu secara otomatis oleh sistem

Demikianlah pembahasan mengenai stable rom dan developer rom yang perlu anda ketahui, sehingga ketika anda membeli handphone xiaomi sedikit banyak anda sudah memahami isi dan fitur dari handphone xiaomi tersebut.

Tipandroid Android TipsTips Hp Xiaomi ,,,,