APAKAH ADA CARA MENAMBAH RAM ANDROID?

Cara Menambah RAM Android Saat ini sudah banyak ponsel android yang dilengkapi dengan RAM besar, jika pada waktu lalu kebanyakan berkisar pada angka 512 MB hingga 1 GB belakangan ini sudah ada ponsel yang memiliki RAM 6 GB hingga 8 GB.

Tidak mengherankan karena semakin banyaknya aplikasi bawaan ponsel yang harus didukung dengan RAM berkapasitas besar, mulai dari aplikasi gaming hingga photo dan videography.

Sejatinya RAM merupakan hardware yang terpasang dalam sebuah ponsel, RAM juga tidak bisa ditambah menggunakan software, melainkan harus diganti sesuai dengan kapasitas yang diinginkan.

Hal ini akan lebih sulit dilakukan di perangkat android dari pada di laptop, maupun computer yang notabene wujudnya lebih besar.

cara menambah ram android dengan sd card

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menambah kapasitas RAM tanpa mengganti hardwarenya, cara menambah RAM Android berikut ini dapat dilakukan dengan beberapa langkah.

CARA MENAMBAH RAM ANDROID

menambah kapasitas ram android dengan memori eksternal?

1. Menghentingkan aplikasi secara paksa

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghentikan aplikasi secara paksa, beberapa aplikasi yang dirasa tidak dibutuhkan sebaiknya dilakukan penghentian paksa terhadap system aplikasinya.

Aplikasi yang mungkin dirasa kurang tepat untuk ponsel dengan RAM kecil adalah google talk, google play, google maps serta google play service.

Menghentikan secara paksa bukan berarti melakukan pencopotan aplikasi Dengan kata lain perlakuan ini adalah menghentikannya bekerja pada setiap kali ponsel diaktifkan, jika kamu ingin tetap menggunakannya, kam bisa langsung mengetuk aplikasinya.

cara menambah ram tanpa aplikasi

2. Memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal

Kedua, cara memperluas kapasitas RAM adalah memindahkan aplikasi dari memori internal menuju memori eksternal.

Cara ini dirasa cukup bermanfaat manakala ponselmu hanya dilengkapi dengan RAM kecil. Dengan memindahkan aplikasi kepada memori eksternal, semua folder akan terbawa otomatis di memori, artinya sampah aplikasi yang juga menjadi salah satu beban proses akan terkurangi.

3. Menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang jarang terpakai

Cara ketiga adalah menonaktifkan aplikasi atau mengahapusnya jika dirasa tidak benar-benar dibutuhkan.

Penonaktifkan bisa dikatakan menghentikan semua proses yang timbul dari diinstalnya aplikasi, sedangkan menghapus adalah mencopot pemasangan aplikasi dari ponsel.

Perbedaannya adalah aplikasi yang di nonaktifkan tetap bisa dibuka jika aplikasinya digunakan, sedangkan penghapusan aplikasi adalah menghilangkan semua aplikasi dari ponsel mulai dari shortcut aplikasi hingga beberapa sub foldernya.

4. Membersihkan cache secara rutin

Cara lain adalah membersihkan cache atau sampah secara rutin, cara ini merupakan cara yang bijak jika kamu menginginkan tidak menghilangkan aplikasi dari ponselmu.

Seperti yang sudah kita ketahui, sampah dapat timbul dari adanya proses yang berjalan dari sebuah RAM. Satu aplikasi dapat menghasilkan sampah sekitar beberapa puluh KB saja dalam setiap penggunaannnya.

Memang hanya kecil untuk satu aplikasi saja, namun dapat dibayangkan jika terdapat 15 apilkasi yang semuanya menghasilkan sampah, apalagi jika dibiarkan selama seminggu, sebulan hingga setahun. Penumpukan sampah akan secara otomatis mengurangi RAM.

Baca Juga:

menambah ram android tanpa root

5. Menggunakan aplikasi booster

cara menambah ram android dengan sd card tanpa root

Cara terakhir untuk meningkatkan kapasitas RAM adalah menggunakan booster atau aplikasi cleaner.

Aplikasi ini biasanya juga menjadi satu paket, yaitu booster sekaligus cleaner, dengan mengaktifkan aplikasi ini dua hal dapat dilakukan. Yaitu membersihkan sampah sekaligus memberikan ruang lain bagi kinerja RAM.

Satu hal yang perlu di ingat adalah aplikasi ini akan cocok bagi kalian yang memiliki ponsel dengan RAM besar namun malas untuk membersihkan sampah.

Berbeda cerita jika di install pada ponsel dengan RAM yang kecil, bukan malah mempercepat kinerja RAM akan tetapi malah membebani kinerja itu sendiri.

Jika kalian sedang mengalami kendala dengan RAM ponsel android, beberapa hal diatas bisa jadi salah satu solusi untuk dilakukan.

Satu hal yang perlu diingat adalah menyesuaikan dengan kapasitas RAM ponselnya, jika kecil lebih baik di lakukan cleaning aplikasi maupun cache secara mandiri dan rutin, bukan di tambahkan booster atau clenaner.