Fungsi Wipe Cache Partiton di Android yang Perlu Anda Tahu

Pernahkah Anda mematikan ponsel android, lalu secara tidak sengaja masuk ke menu recovery mode?

Jika iya, maka tidak perlu khawatir kalau ponsel Anda mengalami kerusakan. Sebab, tiap ponsel android pasti memiliki menu ini dengan beragam pilihannya.

Salah satunya wipe data atau factory reset. Tahukah Anda fungsi dari pilihan tersebut? Fungsi wipe data atau factory reset tersbeut yaitu mengembalikan sistem ponsel seperti setelan pabrik saat pertama kali membelinya.

Hal ini biasanya terpaksa dilakukan ketika pemilik ponsel lupa sandi atau android terkunci, sehingga mau tak mau harus disetel ke menu awal. Pilihan lain pada menu recovery mode adalah install zip from SD card.

fungsi wipe data xiaomi

Tahukah Anda fungsi dari opsi tersebut? Yaitu untuk melakukan proses update android secara langsung tanpa harus melalui perantara berupa komputer maupun laptop.

Lalu, bagaimanakah dengan fungsi wipe cache partition di android?

Ya, opsi wipe cache partition merupakan salah satu pilihan dari menu recovery mode di android. Lalu, apakah fungsi wipe cache partition di android?

Tentu Anda sudah tahu bahwa di android ada cache partition yang berguna untuk menyimpan data sistem secara sementara (temporary).

Nah, adaya pilihan cache partition inilah pengguna bisa mengakses aplikasi maupun game lebih leluasa atau cepat tanpa ngelag. Namun, perlu disadari bahwa terkadang file cache yang kadaluwarsa maupun tidak beraturan itulah yang justru mengakibatkan ponsel android pengguna jadi lebih lemot.

Jika demikian, bagaimanakah cara mengembalikan atau refresh cache partition supaya bisa bekerja normal atau tidak kadaluwarsa? Caranya, tidak lain adalah melalui menu wipe cache partition yang terdapat pada mode recovery.

cara wipe cache partition xiaomi

Fungsi Wipe Cache Partiton di Android yang Perlu Anda Tahu

Adanya proses wipe cache ini pula yang nantinya akan menjadikan file cache seperti saat menjalnkan aplikasi ataupun game pertama kali. Dengan demikian, aplikasi maupun game tersebut jadi lebih cepat ketika dijalankan kembali

Pentingnya Wipe Cache Partition

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai fungsi wipe cache partition di android, tentu banyak pengguna lain yang bertanya-tanya apakah proses wipe cache partition ini nantinya akan menghapus file atau data lain yang tersimpan dalam ponsel seperti halnya factory reset atau wipe data? Jawabannya tentu tidak.

Perlu Anda tahu, fungsi wipe cache sangat berbeda dengan wipe data maupun factory reset. Sebab, wipe cache partition ini hanyalah membersihkan file cache yang ada pada android pengguna.

Bahkan, proses ini disarankan untuk dilakukan secara berkala supaya kinerja android pengguna lebih gesit atau tidak lemot. Dengan demikian, untuk menjalankan aplikasi maupun game pun bakalan lancar tanpa ngelag.

wipe cache partition asus zenfone max pro m1

Bagaimana Akibat Terjadinya Kesalahan pada Proses Cache Partition?

Meskipun proses wipe cache partition ini bisa dilakukan dengan berhasil oleh banyak orang, namun ada pula yang mengeluh terjadi kesalahan.

Perlu Anda tahu, kebanyakan kesalahan ini karena RAM ponsel pengguna masih bisa mengakses partisi pada beberapa kegiatan. Nah, untuk menghindari hal ini, setiap pengguna terlebih dulu dianjurkan untuk melakukan reboot keras sehingga RAM bisa bebas bekerja dan data tidak terhapus.

Disamping itu, pastikan untuk menghapus beberapa file data yang tidak berguna serta file temp disimpan.

Dari ulasan ini, tentu Anda sudah paham dengan fungsi wipe cache partition di android untuk membersihkan ruang pada perangkat ponsel dari sampah yang tidak berguna. Lakukan wipe chace ini secara berkala demi kinerja ponsel yang lebih baik.

Android Tips ,,