Cara Setting Penyimpanan Whatsapp ke SD Card dengan Mudah

Kehadiran smartphone terbaru dengan kapasitas memori internal besar seperti 64 GB hingga 128 GB saat ini sudah bukan menjadi hal yang langka. Pasalnya, Anda pun bisa mendapatkannya dengan mudah dan harga yang terjangkau.

Misalnya, telah beredar produk handphone merek Asus dan Xiaomi yang lengkap dengan kapasitas RAM 4 GB dan memori internal sebesar 64 GB. Harganya pun hanya sekitar 3 jutaan rupiah.

Besarnya memori internal tersebut memberi kemudahan bagi pengguna untuk menyimpan beragam file penting baik dokumen, gambar, dan video secara leluasa.

Tak hanya itu, pengguna juga lebih bebas untuk menginstal beragam aplikasi atau game tanpa takut lemot.

cara menyimpan media whatsapp di memory card tanpa root

Meski demikian, tak sedikit dari pengguna ponsel yang masih setia dengan ponsel bermemori internal kecil atau pas-pasan seperti 8 GB dan 16 GB. Dahulu, ketika smartphone baru bermunculan, kehadiran memori internal 8 GB dan 16 GB sebenarnya masih terbilang besar.

Cara Setting Penyimpanan Whatsapp ke SD Card dengan Mudah

Aplikasi yang dijalankan pun tidak seboros sekarang ini. Kini, seiring dengan bertambahnya aplikasi yang dijalankan pada ponsel, memori internal yang dibutuhkan menjadi semakin besar.

Akibatnya, ketika pengguna masih setia dengan memori internal kecil, sering muncul pemberitahuan atau masalah memori internal yang menyatakan bahwa memori tidak mencukupi tinggal beberapa MB saja.

Pengguna WhastApp termasuk salah satu yang bermasalah terkait penyimpanan internal yang terbatas seperti 8 GB dan 16 GB. Pasalnya, ketika menggunakan WhatsApp, seringkali masalah penyimpanan timbul akibat banyaknya file media baik foto, gambar, hingga video yang dikirimkan oleh sesama pengguna WhatsApp.

Apalagi ketika pengguna WhatsApp tersebut mengaktifkan setting download gambar secara otomatis sehingga banyak gambar atau file media lain yang dikirimkan oleh grup memenuhi memori internal.

cara menyimpan media whatsapp di memori ext

Memang, secara default atau bawaan, aplikasi WhatsApp ini akan menyimpan beragam file media yagn diterima maupun dikirim didalam memori internal.

Tujuannya, tidak lain untuk mempercepat akses ketika pengguna hendak membaca maupun membuka kembali file media tersebut.

Terlebih, di menu setelan WhatsApp juga tidak menyediakan opsi untuk memindahkan penyimpanan internal ke eksternal atau SD Card. Lalu, bagaimanakah cara setting whatsapp media ke sd card?

cara mengatur penyimpanan whatsapp

memindahkan penyimpanan whatsapp ke sd card

Solusi untuk memindahkan memori penyimpanan WhatsApp dari internal ke eksternal adalah dengan menambah memori internal pada android Anda. Bagaimana caranya? Yaitu menjadikan SD Card tersebut sebagai penyimpanan internal atau portable.

Namun, perlu Anda tahu bahwa cara ini hanya 100% berhasil ketika sistem operasi ponsel menggunakan Marshmallow, Nougat, Oreo, dan OS terbaru lainnya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Terlebih dulu, backup-lah seluruh data yang tersimpan pada SD Card karena cara ini akan menghapus seluruh isi dari memori tersebut.

Setelah itu, masuklah ke menu pengaturan atau setting pada android Anda, kemudian pilih penyimpanan dan USB. Pada menu tersebut, akan terlihat kapasitas internal dan SD card yang terpasang.

Nah, tap SD Card untuk memformatnya sebagai penyimpanan internal.  Artinya, setelah tap opsi format sebagai memori internal, nantinya SD card tersebut akan menjadi memori internal Anda.

cara setting penyimpanan whatsapp otomatis ke sd card

Proses ini akan menyita sedikit waktu, jadi tunggulah sampai berakhir. Apabila berhasil, besarnya memori internal akan berubah sesuai dengan memori SD Card yang dipasang.

Maka, jangan ragu untuk memilih memori SD card yang besar sekalipun. Dengan demikian, file media penyimpanan WhatsApp akan langsung masuk ke SD Card sebagai memori internal.

Nah, itulah cara setting penyimpanan Whatsapp ke SD Card yang ampuh mengatasi masalah penyimpanan tidak cukup pada memori internal kecil seperti 8 GB dan 16 GB.

Tips Aplikasi ,,