7+ Cara Mengatasi HP Android Lemot

Cara Mengatasi HP Android Lemot. Kebanyakan aplikasi dan file file, sering memainkan hp lemot. Jadi, perlu diatasi agar fungsinya kembali maksimal.

Berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hp lemot. Simak selengkapnya :

cara untuk mengatasi HP Android lemot

1. HP Android Lemot Kalau Kamu Mengabaikan Jumlah Memori

Cara atasi hp lemot yang pertama, perhatikan kondisi memori. Cek memori internal tersisa. Apakah hampir penuh?Jika iya, segera hapus beberapa file agar hp lancar kembali.

Sebaiknya, jangan simpan data dan file berlebih di memori internal. Hapus saja data lama di sana, kalau perlu. Atau pindah ke memori eksternal maupun laptop. Dengan begitu, hp tidak akan lemot lagi.

2. Gunakan Satu Aplikasi Antivirus Saja

Cara kedua untuk atasi hp lemot, gunakan satu aplikasi antivirus saja. Pilih yang paling bagus dalam memproteksi ponsel.

Kenapa harus satu saja, sebab antivirus bisa saja bikin penuh ram. Bayangkan jika ada beberapa aplikasi antivirus di ponsel pasti bikin hp kamu lemot.

Baca Juga:

3. Rajin Update Software

Rajinlah update software bawaan di hp kamu karena ini tidak akan bikin hp lemot. Justru, update software sesuai instruksi akan meningkatkan kinerja hp menjadi lebih kencang dan baik performanya.

Selain itu, update software juga bisa atasi berbagai bug atau kendala yang sebelumnya terjadi pada hp kamu.

Meski begitu, sebaiknya kamu perhatikan juga kapasitas memori internal. Sebab bisa jadi hp lemot karena memori internal tak cukup lega untuk tampung pembaruan software.

4. Hapus aplikasi jarang dipakai

Cara lain untuk atasi hp lemot adalah hapus aplikasi yang jarang terpakai yang ada di hp kamu. Karena pastinya aplikasi aplikasi ini akan menyita banyak ruang penyimpanan. Ini membuat performa hp jadi tidak baik, dan lemot.

5. Rajin Clear Cache

Kamu juga bisa atasi hp lemot dengan rajin hapus cache. Cache sederhananya bisa diartikan tempat simpan data aplikasi sementara yang sedang atau pernah digunakan.

Cache yang terlalu banyak-menumpuk bisa sebabkan hp lemot. Jadi, rajin rajinlah menghapus cache di ponsel kamu agar kinerja hp lebih maksimal.

6. Kurangi Penggunaan Widget yang Tak Penting

Cara atasi hp lemot berikutnya adalah kurangi penggunaan widget tidak penting karena kebanyakan widget bisa bikin hp kamu lemot. Hal ini karena memakan memori RAM lumayan besar dan memperlambat kinerja hp. 

Jadi, gunakan dengan bijak widget di ponsel kamu. Gunakan saja yang penting penting saja agar hp tidak lemot seperti widget jam dan cuaca. 

7. Pasang Aplikasi Serba Guna

Daripada kebanyakan instal aplikasi di ponsel. Lebih baik pasang aplikasi serba guna, seperti misalnya aplikasi antivirus, sekaligus pembersih memori hp. Contohnya aplikasi clean master yang bisa merendahkan suhu hp, hapus cache dan bisa hentikan kinerja aplikasi yang terlalu banyak memakan memori ram.

8. Cara Lain atasi hp lemot

Selain beberapa cara atasi hp lemot diatas, masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk tingkatkan performa hp. Seperti misalnya meminimalisir auto sinkron. Menggunakan fitur auto kill.

Namun jika hp masih lemot, bisa dilakukan cara untuk mengatasinya dengan melakukan factory reset untuk bersihkan sampah sampah yang bisa membuat hp lemot. Melakukan factory reset ternyata juga bisa tingkatkan performa hp.

Nah itulah beberapa cara tentang atasi hp lemot. Jika hp lemot jangan khawatir karena cara diatas efektif mengatasinya. Pilih cara yang menurut kamu paling praktis. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: