Cara Membersihkan Sisa Uninstall Software di Windows

Tutorial Cara Membersihkan Sisa Uninstall Software di Windows. Tahukah kamu saat kamu menghapus progran yang ada di PC sebenarnya masih terdapat file yang sisa dan tersimpan pada bagian dalam drive. 

Meskipun file ini tak terlihat namun supaya ruang penyimpanan ini bisa maksimal maka file sisa tersebut perlu untuk dibersihkan.

Lalu bagaimanakah cara membersihkan sisa uninstall software di windows ini? Disini kita bisa membersihkan sisa unisntall software tersebut tanpa menggunakan aplikasi tambahan atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara membersihkan sisa uninstall software di windows

cara membersihkan sisa uninstall software di windows

1. Uninstall program lewat control panel

Untuk cara membersihkan sisa uninstall software di windows yang pertama kamu bisa menguninstall program lewat control panel. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • Untuk langkah awal kamu bisa hapus program seperti biasanya.
  • Kemudian bukalah control panel, caranya yaitu dengan klik tombol start lalu ketik control panel. Setelah itu pilihlah menu control panel yang muncul.
  • Jika sudah maka pilihlah menu program and features. Kamu juga bisa melihat semua aplikasi yang sudah diinstall di PC
  • Kamu tinggal pilih saja aplikasi yang akan kamu hapus ,setelah itu klik kanan lalu pilih Uninstall.
  • Kemudian tunggulah prosesnya hingga selesai
  • Apabila aplikasi sudah selesai dihapus,maka kamu tinggal tutup saja control panel.

Baca Juga:

2. Menghapus File Sisa di Folder AppData dan program files

Apabila aplikasi sudah dihapus dengan melalui control panel maka untuk langkah berikutnya yaitu dengan membersihkan file sisa aplikasi yang masih terdapat di PC.

Walaupun kita sudah menguninstall suatu aplikasi, namun ternyata beberapa file masih ada yang tersimpan di folder sistem.

Terdapat dua tempat yang biasanya dijadikan sebagai tempat penyimpanan yaitu pada folder AppData serta Program Files.

Adapun untuk membersihkannya ternyata mudah saja. Kamu tinggal masuk saja ke direktori App Data, caranya yaitu dengan mengklik tombol start. Setelah itu ketik %programfiles%. setelah itu pilih folder program files yang muncul.

Kemudian kamu akan menemukan folder dengan nama yang sama dengan aplikasi yang sudah kamu hapus tersebut. Setelah itu hapus lah folder tersebut.

Untuk langkah berikutnya kita juga harus melakukan pembersihan file sisa yang terdapat di folder AppData. Caranya mudah saja, kamu tinggal klik tombol start, setelah itu ketik %appdata%. Jika sudah maka pilihlah folder AppData yang muncul.

Setelah itu kamu juga akan masuk ke dalam folder AppData, kamu bisa temukan folder dengan nama yang sama dengan aplikasi yang sudah kamu uninstall sebelumnya. Kemudian kamu hapus semua folder serta file yang terdapat didalamnya.

3. Hapus temporary file

Temporary file ini merupakan file yang dibuat oleh aplikasi dengan fungsi tertentu. File ini juga bisa jadi usang serta tidak bisa digunakan kembali.

Akan tetapi kamu juga harus tahu bahwa file ini akan tetap tersimpan pada drive sampai kapanpun hingga kita membersihkannya.

Pada program yang terdapat di windows ini apabila sudah dihapus maka seringnya mempunyai file temporary yang masih tersisa.

Untuk itulah agar kamu bisa menghapus sebuah program hingga ke akar-akarnya maka kamu juga harus memastikan file ini juga sudah dibersihkan.

Cara membersihkan sisa uninstall software di windows mudah saja kamu tinggal klik di tombol start, lalu ketik %tempt%. setelah itu klik di folder temporary yang muncul.

Selanjutnya kamu juga akan dibawa ke folder Temp. Kita akan melihat banyak sekali folder yang dimiliki oleh masing-masing aplikasi.

Lalu kamu bisa langsung temukan saja folder dengan nama yang sama dengan aplikasi yang sudah kamu hapus sebelumntya. Jika sudah menemukannya maka kamu tinggal menghapus folder tersebut.

Baca Juga: