Apa itu bokeh dan Perbedaannya dengan Foto blur?

Pada bahasan artikel ini, kalian akan mengetahui apa itu bokeh dan perbedaan antara blur dan bokeh pada foto bokeh agar kalian bisa lebih paham. Dengan begitu kalian dapat membuat kualitas foto jepretan semakin maksimal.

Jika termasuk saat pada dunia fotografi, pasti secara tidak langsung kalian akan sering dengar istilah bokeh. Kata yang mungkin kini mulai tidak asing bagi semua orang.

Karena bokeh ini sudah menjadi istilah umum yang bisa membuat hampir semua foto kamu jadi keren dan didambakan.

Untuk mengetahui lebih jelas Apa itu bokeh dan perbedaan foto bokeh dan foto blu, mari lihat bahasan tuntasnya di artikel ini.

Apa itu bokeh dan Perbedaan Foto bokeh dan Foto Blur

foto bokeh

Daftar Isi :

Apa itu Bokeh?
Perlukah Membuat Foto Bokeh?
Perbedaan Bokeh dan Blur?

Apa itu bokeh?

Bokeh adalah serapan kata bahasa Jepang “boke” yang memiliki arti blur, bias, buram atau mengaburkan.

Lebih dalam pada fotografi, bokeh ini ialah daerah out of focus pada suatu foto. Yang merupakan area hasil keterbatasan lensa. Membuat cahaya yang masuk out of focus.

Bokeh di dunia fotografi pertama kali ditampilkan pada majalah Photo Techniques tahun 1997 oleh Mike Johnston.

Perbedaan Bokeh dan Blur yang jarang Diketahui?

aplikasi video bokeh

Setelah tahu dengan jelas mengenai istilah boleh dalam dunia fotografi yang kami terangkan diatas.

Kebanyakan orang saat ini menyamakan antara foto bokeh dan foto blur itu identik. Padahal sebenarnya terdapaat perbedaan jelas foto boleh dan foto blur, keduanya ialah dua foto berbeda.

Walau istilah fotografi bokeh yang berasal dari kata bahasa Jepang yakni ‘boke’ yang memiliki arti buram, blur, kabur atau bias. Tapi terdapat perbedaan signifikan bokeh dengan blur.

Untuk memperolah foto bokeh haruslah menggunakan kamera khusus yang dilengkapi dengan bukaan lensa spesifik.

Bukaan atau apeture lensa inilah yang bakal mempunyai peran penting mengambil bokeh. Sedangkan untuk foto blur bisa didapatkan dari semua jenis kamera dan tidaklah butuh kamera tertentu.

Selain dari jenis bukaan lensa (apeture lensa), foto bokeh pun dipengaruhi oleh zoom (focal length lensa). Ini adalah jarak antara optik lensa bagian tengah dengan gambar yang terlihat pada sensor kamera.

Jadi jika panjang focal lengket semakin panjang foto yang dihasilkan akan lebih bokeh. Jadi untuk membuat bokeh baik pada foto maupun video bokeh full haruslah menggunakan kamera khusus, tidak sembarangan.