Cara Backup Kontak di HP Xiaomi

1 min read

Cara Backup Kontak dari HP Xiaomi. Kita pasti pernah mengalami kehilangan kontak yang sudah tersimpan dari hp kita secara tiba-tiba.

Pasti sangat merepotkan jika kontak yang hilang sudah mencapai ratusan, atau bahkan ribuan. Masa iyaa setelah hilang kita harus meminta kontak ke orang satu-satu. Bakalan lama banget dong ya..

Tapi tidak perlu khawatir jika kita kehilangan kontak-kontak. Setiap hp android pasti berbekal dengan fitur yang berguna untuk membackup kontak yang hilang.

Artinya, kita bisa mengembalikan kontak yang hilang tersebut dengan mudah, tanpa harus meminta kepada orang-orang secara manual.

cara backup kontak xiaomi

Nahh pada pembahasan kali ini kita akan menjelaskan tentang cara backup kontak dari HP Xiaomi. Simak penjelasan berikut!

Cara Backup Kontak Yang Hilang di HP Xiaomi

  1. Masuk ke menu setting
  2. Pilih tombol setelan tambahan atau additional settings. Jika sudah, klik cadangan dan setel ulang atau backup dan reset
  3. Selanjutnya kamu pergi ke cadangan lokal atau local backup
  4. Lalu klik system dan pilih jenis file yang akan kita backup lalu klik Ok. Pilih tombol backup dan tunggu beberapa saat hingga proses backup selesai
  5. Silahkan kamu cari file yang sudah selesai kita backup pada memori internal. File hasil backup berbentuk folder.
  6. Letak folder terdapat pada MIUI >> Backup >> All Backup

Demikianlah cara membackup kontak telepon yang terlanjur hilang. Jika sudah berhasil, kamu bisa memindahkan folder tersebut ke tempat yang lebih aman. Misalnya kartu memori, laptop, atau bisa juga penyimpanan cloud (Cloud Storage).

Untuk memindahkan folder tersebut ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Silahkan ubah folder tersebut menjadi zip atau rar. Jika sudah, lalu upload. Maka kamu bisa langsung memindahkannya.

Baca Juga:

Cara Restore Hasil Backup Kontak di HP Xiaomi

Setelah proses backup tadi selesai, kamu perlu melanjutkan untuk merestore atau mengembalikan hasil backup.

Cara ini hanya untuk jaga-jaga jika suatu saat folder hasil backup terhapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Silahkan kamu pindah folder hasil backup tadi ke penyimpanan >> MIUI >> Backup >> All Backup. Jika tidak ada, kamu bisa membuatnya sendiri.
  2. Masuk ke menu settings
  3. Selanjutnya pilih setelan tambahan dan silahkan klik cadangkan dan setel ulang
  4. Pilih folder hasil backup yang tersedia
  5. Jika sudah, pilih pulihkan

Setelah kamu melakukan lima langkah tersebut, maka secara otomatis kontak yang hilang dari hp kamu akan pulih. Jadi jangan khawatir ketika tiba-tiba semua kontak pada hp kamu hilang.

Cara Export Kontak di HP Xiaomi

  1. Buka menu settings
  2. Pilih aplikasi sistem
  3. Selanjutnya pilih aplikasi kontak
  4. Silahkan kamu klik impor / ekspor kontak
  5. Kamu akan milih dengan beberapa opsi backup. Silahkan pilih expor ke kartu SIM
  6. Selain expor ke kartu SIM, kamu juga bisa pilih ekspor ke penyimpanan. Jika sudah, klik Ok.

Sebenarnya, ini juga merupakan cara membackup kontak yang hilang. Hanya saja, cara yang sudah kita jelaskan tadi, melalui sistem ketika akan membackup.

Sedangkan export kontak ini merupakan cara membackup melalui export VCF dan kartu SIM.

Baca Juga:

Sebaiknya, kamu gunakan cara ini ketika akan membackup kontak. Umumnya, file VCF ini memiliki daya tampung kontak yang lebih tinggi daripada melalui sistem. Dan alangkah baiknya hasil backup dalam bentuk file VCF kamu simpan pada Gmail agar aman.

Baca Juga:

Bingung cara tambah masa aktif kartu im3 Indosat. Baca…

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi adalah masa aktif kartu sim. Karena jika kartu sim yang digunakan sudah...
Ipan Kurniawan
1 min read