Cara Sinkronisasi Akun Google Di Android Dengan Mudah

Cara Sinkronisasi Akun Google Di Android Dengan Mudah – Salah satu ciri khas smartphone android ialah hubungan nya dengan google. Bagaimana tidak, hampir semua aplikasi bawaan penting pada Hp android ialah aplikasi milik google. Seperti Google Play store, Play game, Book, Gmail dll.

Sehingga proses sinkronisasi akun google di Android biasanya harus dilakukan. Agar dapat menggunakan aplikasi-aplikasi dari google diatas. Namun walau bukan aktivitas yang sering dilakukan. Karena biasanya perangkat samartphone Android akan langsung meminta menautkan akun gmail kamu di android. Tapi apa itu sebenarnya pengertian sinkronisasi.

Sinkroniasi artinya menyamakan, dalam hal ini akun google. Sehingga walau kamu buka akun google melalui pc atau hp. Tetap akan mempunyai data yang sama. Jadi kegunaan sinkronisasi akun google untuk smartphone cukup penting. Karena akan memudahkan kamu menerima data akun google tanpa repot, membuka dari pc atau sebaliknya.

Kembali ke sinkron pada Hp android. Biasanya setelah terhubung ke akun gmail, biasanya secara otomatis juga akan mengaktifkan fitur sinkronisasi. Namun justru karena jarang dilakukan, mungkin diantara kmu masih ada yang belum tahu cara melakukan Sinkronisasi Akun Gmail Di Android. Untuk itu kami bermaksud memberikan tips cara mengaktifkan sinkronisasi akun google. 

Cara Sinkronisasi Akun Google Di Hp Android

Cara Sinkronisasi Akun Google Di Hp Android

Cara Sinkronisasi Akun Google Di Android secara Manual dan Otomatis

Ada dua cara sinkron akun google / gmail pada smartphone, yaitu otomatis dan manual. Dimana jika mengaktifkan fitur auto sinkron. Kamu akan otomatis mensinkron semua data google setiap terknoneksi dengan internet. Namun jika manual, kamu sendiri yang harus melakukanya sesuai kapan kamu hendak melakukanya.

Cara Mengaktifkan auto Sinkron Akun Google

Jika smartphone kamu mengalami masalah saat proses sinkronisasi dengan Akun Google. Biasanya ditandai dengan akun gmail tidak bisa dibuka. Atau muncul pesan error (“Sinkronisasi sedang bermasalah. Sinkronisasi akan segera berfungsi kembali.”). Cara untuk mengatasi kesalahan sinkronisasi pada akun google ini ialah melakukan nya secara manual.

Memang biasanya masalah fitur auto sinkron bersifat sementara. Contoh terkendala koneksi dll. Kamu bisa menonaktifkan fitur sinkron otomatis di perangkat kamu, berikut cara menghubungkan aplikasi ke akun google secara manual:

  1. Buka menu setelan pada perangkat seluler .
  2. Scroll dan pilih menu Akun, dan tap akun google.
  3. Pilih Akun google yang ingin di Sinkronisasi
  4. Tap Sinkronisasi dan Centang / check pada Aplikasi yan ingin otomatis di Sinkronisasi otomatis data.

Lalu jika kamu henda menonaktifkan sinkron otomatis. Silahkan ikuti tahap 1-3, lalu pada tahap 4 hapus centang aplikasi yang ingin dinonatifkan auto sinkron nya.

Cara Sinkronisasi Akun Google Di Android secara Manual

Untuk melakukannya secara manual, bisa melalui cara ini:

1. Pada Hp Android, buka menu Setelan   >  Pilih Akun  > Kemudian akun Google kamu.
2. Tap akun yang ingin kamu sinkronisasikan.
3. Sentuh atau  tap piiihan  Sinkronkan sekarang.

Note: Memang dengan tidak mengaktifkan fitur auto sinkron / sinkronisasi otomatis bisa menghemat pemakaian baterai. Namun karena pemakaian baterai untuk sinkron ini tidak terlalu menguras baterai seperti games. Kami sarankan untuk mengaktifkan nya.

Baca Juga: 5 Aplikasi Keyboard Android Keren dan Terbaik

Sekian saja pembahasan kita kali ini tentang Cara Sinkronisasi Akun Google Di Android Dengan Mudah. Baik secara manual maupun mengatifkan fitur auto sinkron, serta mengatasi masalah masalah pada saat sinkronisasi akun gmail. Semoga bisa bermanfaat ya, selamat mencoba. Terima kasih banyak.