Cara Setting Opsi Pengembang Android

Cara Setting Opsi Pengembang Android untuk Mempercepat Kinerja Hp –  Merasa fungsi kinerja Hp Android kamu mulai turun dan lambat? Atau kurang responsive pada beberapa hal. Mungkin kamu perlu mencoba tips yang akan kami bagikan ini. Memang menurunya kinerja Smartphone bisa disebabkan oleh banyak hal. Sangat diutamakan untuk diamati terlebih dahulu penyebab kinerja android yang melambat.

Tapi jika kamu merasa tidak melakukan perbuhan berarti, seperti memasang banyak aplikasi berlebihan. Atau asal mengunduh software tanpa melihat efeknya untuk Hp android kamu. Maka tips dari kami ialah melakukan setting mode pengembang.

Opsi pengembang, atau mode pengembang ini memiliki fungsi cukup banyak dan berguna. Salah satu manfaat opsi pengembang yang banyak kita ketahui ialah untuk USB debugging. Tapi kamu juga mampu meningkatkan kinerja smartphone kamu, dengan cara setting Opsi Pengembang di Android.

Namun tentu sebelum bisa melakukan setting di mode pengembang untuk meningkatkan kembali performa smartphone android. Pastikan dulu kamu sudah mengaktifkan atau memunculkan opsi pengembang ini. Untuk yang belum, tidak perlu khawatir akan segera dijelaskan caranya di bawah ini.

Cara Setting Opsi Pengembang Android

Cara Setting Opsi Pengembang Android

Cara Setting Opsi Pengembang Android untuk Mempercepat Kinerja Hp

Untuk cara memunculkan opsi pengembang, sebelum bisa masuk ke pengaturan mode pengembang. Jika kamu sudah mengaktifkan opsi pengembang bisa langsung menuju cara settingnya dibawah. Caranya cukup mudah dan bisa diterpakan di hampir semua tipe smartphone android. Berikut langkahnya:

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Scroll ke bagian paling bawah lalu pilih about device
  • Setelah masuk ke about device, cari nomor bentukan /  build number. Jika belum ada coba cari dulu software information
  • Setelah ketemu dengan nomor bentukan, tap 5-7x sampai muncul keterangan kamu sudah menjadi pengembang.
  • Selesai

Untuk kamu yang ingin mematikan mode pengembang ini, atau cara menghilangkan opsi pengembang. Caranya simpel sekali, cukup hapus data aplikasi pengaturan kamu seperti berikut ini:

  1. cara menyembunyikan opsi pengembang
  2. Pergi ke menu pengaturan, pilih manager aplikasi
  3. Cari dan klik aplikasi pengaturan/ setting
  4. Lalu tap hapus data

Setelah selesai memunculkan opsi pengembang barulah kita bisa melakukan pengaturan pada mode pengembang smartphone android kamu.Cara setting Opsi Pengembang Android mampu dilakukan dengan mudah, namun demikian, sebaiknya berhati-hati ketika melakukannya.

Karena jika salah memasukan konfigurasi, atau setiingan tidak tepat, akibatnya justru hp android kamu akan menerima beban kerja yang lebih berat. Sehingga akan lebih lambat, atau parahnya justru hang.

Oleh sebab itu, Kamu perlu mengikuti konfigurasi Opsi Pengembang untuk Hp Android dibawah ini dengan teliti. Juga sebagai langkah pencegahan ialah mencatat terlebih dahulu pengaturan awal opsi pengembang sebelum melakukan perubahan.

Berikut ini cara setting untuk memaksimalkan kinerja  Hp android dengan Opsi Pengembang Android.

  • Buka menu Setting Hp Android,
  • Scroll dan tap / masuk ke “Opsi Pegembang” atau Developer Option.
  • Setelah masuk ke mode pengembang, akan terdapat banyak pilihan yang bisa dilakukan.
  • Untuk meringankan kinerja, yang perlu kita lakukan ialah menurunkan level beberapa fitur yang digunakan.
  • Langkah selanjutnya ialah setting beberapa fitur Opsi Pengembang Android.

Setting Fitur Opsi Pengembang:

  1. Untuk menurunkan kinerja RAM Hp kamu bisa setting fitur “Windows Animation Scale”, “Transition Animation Scale’, atau “Animator Duration Scale”. Kamu bisa atur fitur ini dengan level yang lebih rendah biar lebih ringan. Atau jika tidak begitu digunakan, silahkan di disable saja, agar lebih ringan kinerja Hp android kamu
  2. Yang bisa kita setting selanjutnya ialah “Force GPU rendering”. Caranya centang pada Force use of GPU for 2d drawing. Dan enable “Force 4x MSSA” di OpenGL ES 2.0 apps dan beri centang. Kemudian “Disable HW overlays” pada fitur Always use GPU for screen composting, lalu Fungsi ini akan menurunkan kinerja GPU pada Hp android kamu, sehinggan kinerja akan meningkat drastis.
  3. Dan untuk mengurangi aktifitas aplikasi Android, kamu bisa setting Opsi Pengembang Android pada pilihan Centang pilihan “Don’t keep activities” dan “Show all ANRs”. Kemudian untuk “Background process limit” setting menjadi At most 3 processes.

Jika semua sudah dilaksanakan, untuk mengetahui dan mengetes perubahan setting yang ada, silahkan restart smartphone android kamu.

Catatan: Cara setting untuk Opsi Pengembang di setiap versi OS Android mungkin sedikit berbeda, tapi tetap tidak akan terlalu jauh berbeda.

Baca Juga: Daftar Aplikasi Wajib Untuk Android Kamu

Sekian saja tips Cara Setting Opsi Pengembang Android dari kami kali ini. Semoga bisa memberikan banyak manfaat dan bisa langsung diterapkan. Selamat mencoba.