Cara Mengatasi “Sayangnya Musik telah Berhenti”

Cara Mengatasi “Sayangnya Musik telah Berhenti”Bagi pengguna Android, mendengarkan musik dengan aplikasi musik player biasa dilakukan. Banyak sekali apps untuk mendengarkan musik di Android seperti Musixmatch, Google Play Music, dan aplikasi pemutar musik lainnya.

Namun, Mungkin kamu juga pernah merasakan saat sedang asik mendengarkan musik, tiba-tiba muncul kesalahan seperti “sayangnya musik telah berhenti”. Dan Aplikasi Musik Android Tidak Bisa Dibuka menyebabkan  kamu tidak dapat mendengarkan lagu. Hal tersebut pasti sangat mengganggu bukan? Mengapa tiba-tiba bisa muncul “sayangnya musik telah berhenti” saat lagu sedang diputar?

Penyebab muncul masalah “sayangnya musik telah berhenti”

Pada dasarnya, aplikasi pemutar musik pada Android bekerja dengan melakukan scanning pada file lagu yang tersimpan di memori internal maupun eksternal (mircoSD) dengan format MP3. Penyebab munculnya kesalahan “sayangnya musik telah berhenti” bisa diakibatkan oleh tidak terdeteksinya file lagu pada pemutar musik. Atau pemutar musik kesulitan untuk memuat dan memutar file lagu yang tersimpan dalam memori internal ataupun eksternal.

Selain itu, penyebab lainnya juga bisa dikarenakan penggunaan RAM yang penuh terutama untuk yang memiliki RAM kecil. Penggunaan RAM yang penuh dapat menyebabkan aplikasi terlalu berat untuk dijalankan sehingga aplikasi terpaksa harus ditutup.

Sayangnya Musik telah Berhenti

Sayangnya Musik telah Berhenti

Cara mengatasi masalah “sayangnya musik telah berhenti” pada Android

Aplikasi Musik Android error atau menutup sendiri secara tiba-tiba ini bisa di atasi dengan cukup mudah. Inilah 7 cara mengatasi munculnya “sayangnya musik telah berhenti” pada smartphone Androidmu:

  1. Paksa berhenti (force stop) dan hapus data aplikasi pemutar musik (clear data)

Cara pertama mengatasi masalah “sayangnya musik telah berhenti” dan aplikasi pemutar musik menutup sendiri adalah dengan memaksa berhenti (force stop) aplikasi pemutar musik tersebut. Kemudian, selanjutnya dengan menghapus data aplikasi pemutar musik (clear data).

Penghapusan data bertujuan untuk mereset aplikasi pemutar musik agar aplikasi pemutar musik melakukan scan kembali terhadap file MP3 yang tersimpan di Android. Kamu dapat melakukannya dengan cara pergi ke Settings – Applications Manager – All – cari aplikasi musik yang biasa digunakan – klik force stop dan untuk  menghapus data, klik clear data.

  1. Membersihkan cache data semua aplikasi dan history pada smartphone

Cara kedua adalah dengan membersihkan cache data/file sampah dan history pada smartphonemu. Cara ini bertujuan untuk membersihkan sisa sampah yang tertinggal dari aplikasi-aplikasi yang telah digunakan. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membersihkan file sampah adalah Clean Master, DU Speed Booster, Security 360 Lite, dan aplikasi pembersih lainnya.

  1. Mematikan dan menghidupkan kembali Android

Selanjutnya, kamu bisa me-reboot smartphonemu. Matikan smartphone kemudian untuk smartphone yang belum memakai baterai tanam, bisa melepaskan baterai, memory card, dan sim card selama beberapa detik. Kemudian, pasangkan kembali dan nyalakan smartphone. Me-reboot smartphone bertujuan untuk memulai kembali proses sistem Android.

  1. Memperbaharui/update aplikasi pemutar musik

Memperbaharui aplikasi dapat menambah dan meningkatkan fitur terbaru dari aplikasi pemutar musik itu sendiri. Selain itu, dengan pembaharuan juga dapat memperbaiki bugs yang selama ini menyebabkan masalah error “sayangnya musik telah berhenti”.

  1. Mengupdate OS Android menjadi versi terbaru

Jika di smartphonemu terdapat pembaruan OS Android versi terbaru, pastikan kamu mengupgradenya ke versi terbaru. Hal ini dapat meningkatkan keamanan pada smartphone Androidmu dan memperbaiki kesalahan/masalah-masalah yang timbul seperti munculnya “sayangnya musik telah berhenti”.

  1. Memindahkan file MP3 ke MicroSD

Jangan pernah memaksa tetap menyimpan file MP3 di memori internal yang sudah penuh. Hal ini karena dapat mempengaruhi kinerja aplikasi menjadi lebih berat saat dijalankan dan menyebabkan aplikasi pemutar musik berhenti dan menutup sendiri. Pindahkan file MP3 ke MicroSD guna mempercepat proses scanning saat musik diputar sehingga nantinya aplikasi musik tidak berhenti dengan sendirinya.

  1. Factory reset

Jika aplikasi pemutar musik tetap error dengan munculnya “sayangnya musik telah berhenti”, cobalah untuk melakukan factory reset terhadap smartphone Androidmu. Caranya adalah pergi ke Settings – Backup and Reset – Factory Data Reset. Sebelum melakukan factory reset, pastikan terlebih dahulu sudah melakukan backup agar nantinya tidak kesulitan untuk melakukan restore akun google.

Baca Juga:Cara Backup Data Android Ke Pc atau laptop

Sekian Saja tips kita kali ini yang membahas Cara Mengatasi “Sayangnya Musik telah Berhenti”. Semoga dengan menerapkan tips diatas bisa menyelasikan masalah pada aplikasi pemutar musik kamu. Terima kasih.