Mengatasi Sayangnya Launcher Telah Berhenti

Penyebab Dan Cara Mengatasi Sayangnya Launcher Telah BerhentiJika diibaratkan sebuah rumah, launcher adalah terasnya. Launcher adalah pusat bermulanya semua aktivitas kita di dalam sebuah smartphone. Ia adalah basis dasar kita mau ke mana dan akan melakukan aktivitas apa dengan smartphone kita.

Bisa dibilang launcher punya peran krusial, karena tanpanya android Kamu tidak bisa digunakan.Launcher ada yang bawaan, dan ada yang menggunakan launcher pihak ketiga seperti golauncher dan lain sebagainya.Namun layaknya semua aspek dalam sebuah android, launcher pun dapat pula mengalami problem.

Problem ini biasanya mendadak hang atau malah berhenti total. Bisa pula mengalami “force close”, atau muncul pesan “sayangnya, launcher telah berhenti”. Ini pastinya menjengkelkan.Lalu apa solusi mengatasi pesan “sayangnya, launcher telah berhenti” yang terkadang muncul?

Cara Mengatasi Sayangnya Launcher Telah Berhenti

Mengatasi Sayangnya Launcher Telah Berhenti

Mengatasi Sayangnya Launcher Telah Berhenti

  1. Restart Smartphone Kamu                    

Saat ponsel Android direboot, otomatis aplikasi yang berjalan akan berulang dari awal. Sehingga, ponsel menyala kembali dalam keadaan fresh. Ini juga membersihkan aplikasi background yang berjalan terlalu banyak. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan, karena tidak akan menyebabkan error ada Android Kamu.

  1. Hapus Data dan Cache Aplikasi

Bisa saja launcher Kamu menyimpan terlalu banyak data dan cache, sehingga sistem jadi berat dan menimbulkan konflik di background. Solusi yang bisa Kamu coba adalah dengan menghapus cache dan data dari aplikasi tersebut. Solusi ini dicobakan di launcher pihak ketiga. Kalau untuk launcher bawaan biasanya tidak bisa. Caranya adalah:

  1. Buka Pengaturan atau settings.
  2. Kemudian klik Manajer Aplikasi
  3. Jika sudah, pilih dan klik tab Semua.
  4. Setelah itu, cari nama launcher yang bermasalah. Misalnya Kamu pakai Nova, ya cache NovaLauncher yang dihapus. Hal yang sama berlaku juga untuk launcher lainnya.
  5. Kemudian setelah step di atas sudah Kamu lakukan, silakan pilih dan klik Hapus cache. Setelahnya, kemudian silakan Hapus data.
  1. Jangan Terlalu Banyak Memasang Aplikasi

Setiap ponsel memiliki kapasitas yang berbeda tergantung spesifikasinya. Jika terlalu banyak memasang aplikasi di dalam smartphone, maka besar kemungkinan akan terlalu penuh, terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background, sehingga ponsel menjadi hang. Maka, bisa jadi hang pada launcher.

Jika launcher mulai sering force closed, maka sebaiknya mulai hapuslah beberapa aplikasi yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi atau yang jarang dibuka.

  1. Berganti Launcher

 Mengganti launcher adalah cara yang bisa Kamu coba sebagai solusi mengatasi launcher ponsel android yang tiba-tiba berhenti. Apabila sudah dignti namun masih belum ada perubahan, maka gunakanlah launcher yang sekiranya cukup ringan.

Atau bila perlu tidak usah menggunakan launcher pihak ketiga, cukup menggunakan launcher bawaan saja. Toh tampilan yang cantik akan sia-sia jika membuat android Kamu bermasalah.

Jika ingin menggunakan launcher yang ringan, cobalah menggunakan Nova Launcher. Nova Launcher tergolong ringan dan tidak membuat lemot ponsel Kamu.

  1. Rutin Membersihkan Cache

Tiap aplikasi yang kita gunakan sehari-hari meninggalkan jejak. Entah itu instagram, facebook, whatsapp, dan lain-lain. Jejak ini biasa disebut cache. Apabila cache dibiarkan menumpuk, jumlah bisa mencapai ratusan MB hingga 1 GB lebih. Hal ini tentu akan membebani kinerja ponsel, sehingga launcher yang Kamu gunakan juga kena dampaknya.

Sebagai solusi, install aplikasi pembersih cache. Aplikasi yang jamak digunakan adalah CleanMaster dan Ccleaner. Dua aplikasi ini dapat membersihkan cache ponsel Kamu secara otomatis apabila sudah terlalu penuh. Ini dapat membuat ponsel Kamu berjalan lebih lega dan ringan, sehingga launcher pun tidak perlu sering-sering force close.

Baca Juga : Daftar Lengkap Aplikasi Nonton TV Android Terbaik

Demikianlah beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi launcher sering berhenti atau force closed. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Kamu.