Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti pada Android

Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti pada Android –  Kemampuan dan kecanggihan sebuah fitur kamera HP android saat ini, bisa disebut mempunyai fitur yang mendekati kemampuan kamera professional. Hal inilah yang menyebabkan pengguna smartphone semakin sering menggunakanya. Namun terkadang aplikasi kamera pun bisa mengalami error.

Banyak hal yang bisa membuat Kamera Hp Android kamu menjadi error. Tentu ini akan membuat kamu merasa jengkel karena kamera yang bermasalah. Karena kamera smartphone, yang sangat berguna untuk aktifitas berfoto ria ini tiba-tiba tidak bisa pakai. Sehingga justru padahal hendak mengabadikan momen penting akan terlewati begitu saja.

Problem yang sering muncul yang menandakan kamera gagal, atau kamera tidak berfungsi ialah pesan error. Biasanya akan muncul error “Sayangnya Kamera Telah Berhenti”, atau “Unfortunately, Camera Has Stopped”  jika berbahasa inggris. Dan tindak lanjut keterangan itu ialah otomatis menutup paksa aplikasi kamera / Force Close. Apa sebenarnya inti masalahnya?

Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti

Sayangnya Kamera Telah Berhenti

Penyebab Aplikasi Kamera Tidak Berfungsi        

Kegagalan pada Aplikasi kamera ini biasanya bisa disebabkan banyak hal. Bisa saja karena Anda penggunaan RAM yang penuh akibat menggunakan banyak aplikasi lain secara bersamaan. Hingga tidak adanya ruang pada RAM. Tentu ini akan membuat aplikasi kamera, tidak mendapat respon dari RAM karena sudh tidak ada ruang. Namun biasanya bisa juga oleh kegagalan sistem android kamu.

Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di Android

Sebelum mengatasi kamera gagal dibuka ini, perlu diketahui masalah seperti ini bisa terjadi di semua jenis smartphone. Bahkan sampai Iphone pun sering mengalami masalah pada aplikasi Kamera Default. Jadi untuk memperbaikinya, bisa mencoba beberapa tips metode dari kami berikut.

Nonaktifkan dan Tutup Aplikasi Lain

Coba pastikan seklai lagi apakah ada aplikasi lain yang sedang berjalan pada background. Silahkan segera ditutup dengan Recent App / Task Manager. Hal ini bertujuan untuk membebaskan beban RAM yang dipakai oleh banyak aplikasi lain. Sehingga RAM mempunyai ruang untuk memproses aplikasi kamera.

Hapus Cache Aplikasi Android.

Setiap kita menjalankan aplikasi, tentu akan menghasilkan sebuah cache. Memang tujuan cache itu baik. Namun jika menumpuk terlalu banyak, justru akan memenuhi space dan memperlambat kinerja HP. Banyak cara untuk membersihkannya. Cara termudah bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang banyak tersedia di martket.

Hapus Data Aplikasi Kamera.

Cara ketiga ini lebih khusus lagi dari cara kedua. Poinya Jika ada kesalahan yang berasal dari aplikasi kamera itu sendiri. Seperti galat kamera atau tidak merespon, jika dibersihakan akan menghilangkan masalah tersebut.

Untuk langkahnya buka menu Settings > Lalu Application manager > Cari Kamera dan tap Force Stop diikuti selanjutnyan Clear Data.

Lihat Aplikasi Kamera Lain yang ada.

Untuk cara ini, hanya jika kamu merasa memasang aplikasi kamera atau fitur kamera lain. Jika kamera selalu blank, bisa saja error yang terjadi karena saling konflik denga aplikasi kamera lain. Mungkin saja tadinya kamu berniat menambah fitur kamera bawaan. Jika iya seilahkan hapus Aplikasi tersebut dan segera hapus cache.

Restart kembali Smartphone

Metode terbaik dan termudah cara memperbaiki kamera android yang tidak berfungsi ialah dengan reboot. Karena proses restart Smartphone Android akan memperbaiki terjadinya error-error kecil. Dan sekaligus menyegarkan kinerja android itu sendiri.

Hard Factory Reset.

Terakhirm jika semua metode gagal. Bisa menggunakan cara Factory Reset ini. Sebelum Mengembalikan Android ke pengaturan awal pabrikan,jangan lupa untuk mem-backup data data penting yang ada. Caraya cukup menuju Settings > Pilih menu Backup and reset > dan pilihlah Factory data reset.

Baca Juga : Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

Ini sajabeberapa metodes Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti. Semoga dengan menerapkan cara diatas bisa menghilangkan pesan error seperti “Tidak Dapat Terhubung ke Kamera” atau “Sayangnya, Kamera Telah Berhenti” . Selamat mencoba dan Terima Kasih banyak