Cara Mengatasi Sayangnya Galeri telah berhenti

Cara Mengatasi Sayangnya galeri telah berhenti / ( Foto tidak muncul di galeri) – “Sayangnya Galeri telah berhenti” adalah suatu masalah yang cukup umum di jumpai.  Seringnya galat galeri yang tidak berfungsi hampir bisa kita jumpai pada berbagai ponsel android. Baik itu di ponsel Samsung, Asus, ponsel Sony, seri Xiaomi, Evercoss, dan lain-lain.

Fungsi galeri sendiri adalah membuka jenis file gambar, gif, dan video. Galeri mengumpulkan berbagai gambar di memori dengan mudah di satu platform, memudahkan kamu untuk melihat-lihat koleksi gambar tanpa perlu membuka file manager. Galeri sendiri sudah tersedia secara bawaan oleh masing-masing pabrikan ponsel, sehingga kamu yang baru saja membeli ponsel pun pasti sudah memiliki galeri di dalam ponsel tersebut. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot mendownload lagi.

Namun pada beberapa ponsel terkadang muncul masalah Galeri bermasalah. Biasanya ditandai  kotak pesan bertuliskan “unfortunately gallery has stopped”. Atau biasa pula muncul “sayangnya galeri telah berhenti”. Penyebab munculnya pesan ini ada banyak. Bisa disebabkan karena cache terlalu penuh dan tidak pernah dibersihkan, memori yang sudah terlalu banyak diinstal aplikasi, bug pada custom rom, bentrok dengan aplikasi lainnya, dan lain sebagainya.

Aplikasi galeri android yang error biasanya paling mudah terlihat oleh munculnya notifikasi seperti “unfortunately gallery has stopped”, “sayangnya galeri telah berhenti”, “galeri tidak merespon”. Atau, bisa juga “berhenti secara paksa” atau “force stop”. Dengan munculnya tanda-tanda tersebut, maka kita tidak bisa membuka dan juga atau mengakses galeri android. Nah bagaimana cara mengatasi jika galeri kamu tiba-tiba berhenti?

Cara Mengatasi Sayangnya Galeri telah berhenti

Cara Mengatasi Sayangnya Galeri telah berhenti

Cara Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti Di Android

Untuk bisa memperbaiki Galeri hp tidak berfungsi ini, ada beberapa metode yang bisa kamu pakai. Kami memberikan 5 cara memperbaiki Galeri android yang tidak berfungsi. Silahkan dilihat dengan jelas satu demi satu langkah-langkahnya:

1. Melakukan reboot pada hp android

Mereboot smartphone merupakan cara pertama dan paling mudah yang bisa kamu lakukan apabila aplikasi galeri android kamu mulai muncul notifikasi seperti yang kami sebutkan tadi. Sebagai tambahan, kamu juga bisa melakukannya dengan mencabut baterai langsung. Ini baru boleh dilakukan apabila ponsel sudah benar-benar hang alias tidak merespon terhadap tombol power atau sentuhan jari. Namun jika kondisi smartphone kamu masih normal / tidak macet maka lakukan reboot seperti biasa dengan melalui tombol power.

2. Paksa berhenti dan hapus cache aplikasi galeri

Seperti yang kami sebutkan, aplikasi galeri dapat pula berhenti apabila cachenya terlalu penuh, atau cachenya bentrok dengan cache dari aplikasi lain. Solusinya adalah dengan masuk ke menu pengaturan, lalu cari aplikasi. Kamu scroll sedikit, lalu carilah galeri. Buka submenu tersebut, lalu scroll. Akan ada tombol untuk hapus cache. Hapuslah dari sana.

3. Melakukan factory reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik

Cara ketiga yang dapat kamu lakukan untuk solusi dari mengatasi galeri android yang mendadak berhenti adalah melakukan factory reset. Ini biasa juga disebut dengan menghapus semua data internal yang ada pada ponsel.

Untuk melakukan factory reset ada dua metode atau dua cara yang kamu bisa lakukan. Cara pertama adalah dengan melalui menu Pengaturan > Buat cadangan & setel ulang > Kembalikan ke setelan pabrik.

metode yang kedua adalah yaitu kamu bisa melakukannya melalui Recovery mode. Pertama,  matikan dulu ponsel android kamu. Setelahnya, tekan dan tahan tombol volume atas + power. Jika tidak berhasil, mungkin mode recovery ponsel kamu berbeda. Cobalah googling cara recovery mode ponselmu, karena mungin saja kombinasi tombolnya lain.

4. Lakukan metode flashing

Cara paling ampuh untuk “mengatasi sayangnya galeri telah berhenti” adalah melakukan flashing ulang hp android kamu. Flashing adalah metode instal ulang OS. Ini akan menghapus semua pengubahan dan modifikasi dari ponsel, sehingga akan memperbaiki dan merestore sistem yang mengalami error menjadi seperti saat pertama beli.

Untuk melakukan flashing sendiri bisa dengan dua cara: dengan PC atau tanpa PC. Tergantung dengan jenis ponsel yang kamu miliki. Jika menggunakan PC, kamu perlu USB hub dan driver yang sesuai dengan ponselmu. Melakukan flashing juga bisa melalui recovery mode, namun tetap saja custom romnya perlu kamu download dulu.

5. Instal aplikasi pihak ketiga

Kalau kamu tidak mau repot-repot melakukan flashing, maka gunakanlah aplikasi galeri pihak ketiga. Banyak juga penyedia aplikasi alternatif galeri yang bisa kamu dapatkan di Google Play store. Salah satu yang terbaik adalah QuickPic. Quicpic adalah aplikasi galeri yang kurang lebih memiliki fitur yang sama seperti galeri bawaan android, tapi aksesnya bisa dibilang lebih cepat dan lebih ringan. Kami sangat merekomendasikan langkah ini, apabila kamu malas atau takut mengutak-atik ponselmu.

Baca Juga : Cara mengatasi layanan google play terhenti

Nah, demikian tadi beberapa cara mengatasi dan menangani sayangnya galeri telah berhenti. Masalah ini memang sedikit menyebalkan, namun dapat diatasi dengan mudah. Semoga artikel bermanfaat. Terima kasih banyak.