Cara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti pada Android

Cara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti pada Android – Katakanlah Anda ingin mencari nomor seseorang di Kontak. Atau mau menghubungi seseorang. Atau dalam posisi idle. Smartphone Anda terganggu dengan notifikasi Sayangnya Kontak telah Berhenti.

Ini adalah sesuatu yang sangat mengganggu, apalagi bila situasinya genting dan Anda perlu menghubungi orang. Lalu, bagaimana solusinya?

Secara default, kontak merupakan app yang difungsikan sebagai lokasi menyimpan seluruh nomor dan nama dari seluruh teman, keluarga, dan saudara yang sama – sama mempunyai alat komunikasi baik tersebut smartphone, tablet, ataupun HP Jadul. Kontak sangat berfungsi saat kita hendak mengirim pesan atau mengerjakan panggilan tanpa mesti menilik nomor satu persatu.

Namun sayangnya, app kontak bawaan smartphone android terkadang juga dapat mengalami kerusakan/ error. Kerusakan biasa hadir dengan tulisan “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” atau “Unfortunately, Contacts Has Stopped”. Hal ini terjadi tidak hanya pada satu jenis atau merk smartphone saja, dapat saja terjadi pada seluruh merek smartphone.

Selain dengan pesan error diatas, selain itu juga ada beberapa hal lain yang menandakan erro pada aplikasi kontak. Tanda Error pada Kontak:

  1. Nomor pada Kontak Tidak Muncul atau Hilang
  2. Kontak terhenti secara mendadak
  3. Konta telepon hp android kamu tidak bisa dibuka
  4. Muncul Tulisa seperti telah disebut diatas Sayangnya Kontak Telah Berhenti.

Penyebab umum tentang masalah tersebut seringkali karena file cache yang terus menumpuk dan akhirnya menciptakan beberapa software berhenti secara mendadak, dan problematika ini terjadi pada aplikasi ‘kontak’.

Tak hanya itu saja, Memori RAM yang terlalu penuh juga dapat menjadi penyebab mengapa beberapa aplikasi mengalami macet dan hadir pesan error. Tapi Anda tenang saja, kali ini saya akan membantu dengan sejumlah tips jitu yang saya ulas dibawah ini.

Cara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti pada Android

Kontak Android Error

Cara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti pada Android

Masalah kontak telepon yang menimbulkan pesan error bertuliskan “Sayangnya Kontak Telah Berhenti”, Anda bisa atasi dengan sejumlah cara simple dan gampang dibawah ini. Tapi sebelum melakukan teknik dibawah ini, pastikan Anda telah membackup atau memindah seluruh kontak nomor dari memori Internal ke SIM Card.

Membersihkan Cache Kontak

Seperti yang saya katakan diatas, file cache adalah salah satu file yang mesti Anda perhatikan. Hal ini berlaku tidak hanya pada kontak Android saja, tetapi semua aplikasi Android mulai dari software bawaan sampai software pihak ketiga.

Untuk membersihkan file cache Android yang sudah menumpuk, dan guna mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda bisa gunakan software pembersih semacam Clean Master atau CM Security.

Namun jika Anda tidak mau mendownload aplikasi atau smartphonemu memang sudah tidak bisa ditambah aplikasi lain, Anda masih bisa membersihkan file cache secara manual. Untuk membersihkan file cache tanpa aplikasi Anda bisa ikuti tahapan – tahapannya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Semua » cari app Galeri, lantas tap “Hapus Cache”.

Jika dengan teknik ini tidak sukses, maka kemungkinan ada konflik antara suatu aplikasi dengan kontak Anda.

Setting Default Kontak atau Force Close

Solusinya ada dua: hapus aplikasi yang sekiranya mengakibatkan konflik dengan Kontak, atau Anda bisa mengembalikan Kontak pada posisi default.

Jika Anda mengembalikan aplikasi kontak berada pada posisi default, artinya Anda kembali pada posisi 0. Ini dengan kata lain semua file dari basis data, cache, history panggilan, dan lainnya bakal hilang secara permanen, termasuk seluruh nomor telepon yang telah Anda simpan. Maka dari tersebut sebelum melakukan teknik ini, pastikan Anda sudah memindah seluruh nomor ke kartu SIM atau SD Card.

Apabila semua sudah dibackup, Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Semua » cari software Kontak, lantas tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Lalu coba hal yang sama untuk Aplikasi telepon, tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Hard Reset Hp Kamu

Jika dengan dua teknik diatas tidak berhasil juga, maka untuk mengatasi masalah maka terpaksa Anda harus hard reset Android Anda. Sama dengan tips sebelumnya, pastikan Anda telah mengerjakan backup pada seluruh file di Android Anda mulai dari foto, video, musik, dokumen, dan lainnya. Apabila backup sudah Anda lakukan, barulah Anda melakukan reset pada Android Anda.

Simak tahapan – tahapan reset Android dibawah ini.

Buka Menu Pengaturan atau Settings » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih “Reset Ulang Telepon”.

Setelah melakukan hal ini, ponsel Anda akan kembali ke sistem awal, kosong layaknya Anda baru pertama membeli. Hal ini akan sangat merepotkan, terutama karena Anda harus menginstall ulang kembali keseluruhan aplikasi yang Anada perlukan (kecuali Anda sudah punya Titanium Backup, yang akan dibahas di artikel lain).

Dengan tiga teknik di atas saya rasa telah lebih dari cukup. Saran dari saya, agar nanti tidak terjadi error pada kontak android atau software lain, usahakanlah untuk menginstall software pembersih seperti CCleaner, Clean Master, GO Speed, atau yang lainnya. Aplikasi semacam tersebut dapat membersihkan Android dari file cache, temporary, history, dan malware jahat. Anda bisa mendownload aplikasi-aplikasi tersebut secara cuma-cuma melalui Google Play Store.

Baca Juga: Kumpulan Kode Rahasia Android Terlengkap

Sekian saja penjelasn kita menenai cara mengatasi Kontak Hp Android yang tiba-tiba berhenti. Semoga beberapa cara diatas bisa langsung memperbaiki aplikasi kontak yang tidak bisa dibuka. Terima kasih.