Cara Mengatasi ‘Sayangnya Google Penelusuran Telah Berhenti’

Cara Mengatasi ‘Sayangnya Google Penelusuran Telah Berhenti’ – Browser adalah suatu aplikasi penunjang ponsel pintar yang berguna untuk membantu pengguna Android menjelajah dunia internet. Browser yang biasa digunakan cukup beragam, antara lain Mozila Firefox, Internet Explorer, Opera, Opera Mini, Google Penelusuran, dan lain-lain.

Google Penelusuran merupakan salah satu aplikasi browser yang dibuat oleh Google. Tentu sangat berguna dalam hal mencari informasi tentang apapun yang ingin kamu cari tahu dengan cepat. Dan sebagian besar ponsel pintar biasanya dilengkapi dengan aplikasi Google Penelusuran, sebagai salah satu aplikasi bawaan.

Kemudahan berinternet melalui Google Penelusuran, membuat aplikasi ini banyak digunakan oleh pengguna Android untuk menelusuri dunia internet. Namun, bagaiman ketika sedang asyik berselancar menelusuri artike, muncul permasalahan pada Google Penelusuran dengan teks bertuliskan ‘sayangnya google penelusuran telah berhenti’. Atau kamu pernah mengalami secara tiba-tiba browser kamu error dan harus ‘force close’,  berikut ini penyebab dan cara mengatasi Google Penulusuran yang tiba-tiba error.

Beberapa faktor berikut ini dapat menjadi penyebab Google Penelusuran Android error dan sayangnya tidak dapat dibuka kembali. Faktor-faktor yang kebanyakan terjadi dalam kasus ini yaitu RAM dari Android yang kamu miliki sedang penuh.

Cara Mengatasi ‘Sayangnya Google Penelusuran Telah Berhenti’

Sayangnya Google Penelusuran Telah Berhenti

Aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel pintar kamu akan membuat RAM harus dapat memenuhi kebutuhan memori aplikasi-aplikasi tersebut. file cache yang menumpuk dan data-data penelusuran sebelumnya yang jarang dibersihkan,  membuat ponsel pintar kamu menjadi lambat dalam melakukan penelusuran dan bahkan dapat menutup paksa Google Penelusuran kamu.

Cara Mengatasi ‘Sayangnya Google Penelusuran Telah Berhenti’

Mengatsi google penelusuran terhenti ini bisa dilakukan lewat beberapa metode. Cara-cara sebagai berikut:

  1. Menghapus Cache pada aplikasi Google Penelurusan

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah menghapus Cache pada aplikasi. Cache berfungsi untuk mempercepat akses data pada Android kamu. Namun apabila, cache dibiarkan terlalu lama menumpuk dan tidak pernah dibersihkan malah akan membuat cara kerja Android yang kamu miliki melambat. Maka dari itu, cache perlu dibersihkan atau dihapus. Beberapa aplikasi cleaner dapat kamu unduh secara gratis pada Play Store yaitu Clean Master, CCleaner, Super Cleaner dan masih banyak lagi.

  1. Hapus daftar riwayat pada aplikasi Google Penelusuran

Cara kedua untuk memperbaiki sayangnya Penelusuran telah berhenti, ialah bersihkan daftar riwayat pada Google Penelusuran. Pada saat kamu membuka suatu aplikasi di social media ataupun membuka suatu situs untuk di Google Penelusuran maka akan berpengaruh kepada daftar riwayat. Jika pada aplikasi Google Penelusuran daftar riwayat tidak pernah dihapus atau dibersihkan akan dapat menganggu kenyamanan kamu saat browsing dan menjadi penyebab errornya aplikasi Google Penelusuran.

  1. Hapus data pada aplikasi Google Penelusuran

Cara ketiga, cobalah untuk menghapus data-data pada aplikasi Google Penelusuran pada Androidmu dan memaksa aplikasi Goggle Penelusuran untuk berhenti memproses. Cara yang dilakukanpun terbilang mudah, dengan masuk pada pengaturan kemudian masuklah pada menu aplikasi Google Penelusuran maka kamu akan menemukan tombol ‘paksa berhenti’ atau ‘forced close’ klik tombol tersebut kemudian klik ‘hapus data’.

  1. Update aplikasi Google Penelusuran

Salah satu penyebab yang dapat membuat aplikasi Google Penelusuran terjadi error adalah versi aplikasi yang sudah lama dan memaksa untuk diperbaharui. Jika hal ini yang terjadi, maka segeralah untuk update aplikasi Google Penelusuran kamu ke versi yang paling baru agar dapat digunakan kembali.

  1. Re-install aplikasi Google Penelusuran

Cara ini dapat dilakukan dengan sangat mudah. Hapus aplikasi Google Penelusuran dari Android yang kamu miliki lalu unduhlah aplikasi Google Penelusuran pada aplikasi Play Store dan kamu akan menggunakannya seperti aplikasi baru kembali.

  1. Re-start ponsel pintar kamu

Cara terakhir, setelah kamu sudah selesai unduh dan install kembali aplikasi Google Penelusuran, sebaiknya matikan Android kamu beberapa saat lalu hidupkan kembali, dan Google Penelusuran dapat digunakzn kembali.

Baca Juga:5 Aplikasi Edit Foto di Android Terbaik

Sekian saja Informasi tips kali ini tentang Cara Mengatasi ‘Sayangnya Google Penelusuran Telah Berhenti’. Kamu dapat mengikuti 6 tips di atas secara bertahap, apabila tips nomor 1 tidak dapat digunakan cobalah tips nomor 2 dan lakukanlah begitu seterusnya hingga tips nomor 6. Semoga errornya Google Penelusuran segera teratasi. Terima kasih.