Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Smartphone

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth SmartphonePengalaman seseorang dalam menggunakan apps berbeda-beda. Ada yang merupakan app geek, yang suka mengeksplorasi game dan aplikasi tertentu, hingga handphone tidak pernah lepas dari genggaman. Ada juga tipe yang hanya menggunakan handphone seperlunya, hanya untuk komunikasi dasar.

Dengan perbedaan pengalaman ini, Anda bisa saja mengetahui satu aplikasi bermanfaat yang belum tentu teman Anda tahu.

Katakanlah Anda ingin membagikan satu aplikasi pada orang lain. Atau Anda baru saja merekomendasikan suatu aplikasi pada orang lain. Orang itu tertarik mendownload aplikasi yang Anda sarankan, namun saat ini tidak memiliki cukup kuota untuk mendownload aplikasi tersebut?

Ada banyak opsi: mencari wi-fi lalu mendownloadnya, mengingat-ingat nama aplikasi tersebut agar bisa didownload lain waktu, atau Anda bisa membagi aplikasi tersebut dengan segera, menggunakan bluetooth.

Bluetooth masih menjadi mode komunikasi yang disematkan dalam smartphone yang paling canggih sekalipun. Ini karena bluetooth adalah media wireless yang cukup ringan untuk digunakan pada dua buah smartphone tanpa memerlukan sinyal satelit dan lain sebagainya. Cukup dua buah device dengan bluetooth dinyalakan, Anda sudah bisa bertukar file.

Lalu bagaimana jika ingin mengirim aplikasi lewat bluetooth, tapi tidak punya master/instalannya?

Jadi jika kamu tidak memliki apk aplikasi, kamu masih bisa mengirim aplikasi android yang sudah terinstal. Yaitu lewat aplikasi lewat bluetooth. Bisa menjadi penyelesaian tepat bagi Anda untuk berbagi aplikasi tidak perlu mengunduh ulang software yang sama. Dan cdengan bantuan bluetooth ini pun paling mudah dilakukan.

Namun sperti biasa, sebelum mengupayakan langkah inilah ini pastikan Anda sudah menyalakan bluetooth pada HP pengirim dan penerima.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Smartphone

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan untuk saling mengirimkan aplikasi. Mekipun lewat bluetooth namun kamu tidak bisa mengirim aplikasi tanpa aplikasi. Karena rata-rata fitur smartphone saat ini tidak bisa melakukanya. Oleh karena itu bisa menggunakan aplikasi yang bisa dengan gratis di unduh lewat play store.

Cara #1 : Menggunakan ShareCloud (Share Apps)

Share apps dapat dipakai untuk saling kirim dan bertukar apk via WhatsApp, Email, Google Drive, walaupun katakanlah Anda mendapatkan app tersebut dari Play Store, yang notabene tidak ada instalannya.  Kali ini kami melulu akan membicarakan bertukar file via bluetooth dan inilah langkah-langkahnya.

  1. Aktifkan bluetooth baik di smartphone pengirim maupun yang bakal menerima dan buat dua-duanya terhubung (paired)
  2. Buka software ShareCloud (Share Apps). Jika belum punya di handphone Anda, silahkan unduh dari Google Play Store.
  3. Tap Select file kemudian pilih tab App lantas centang apk yang hendak dikirim (bisa satu atau banyak sekaligus)
  4. Tap More kemudian pada Share file with your friends, pilih Bluetooth.
  5. Selanjutnya pilih HP target dan tunggu hingga proses tersebut selesai dan file sudah terkirim secara sukses.

Cara #2 : Kirim APK Android Menggunakan ES File Explorer

ES File Explorer ialah salah satu file manager Android dari pihak ketiga terbaik. Dikatakan terbaik karena ia menawarkan banyak fitur unik, yaitu salah satunya adalah merupakan transfer file ke PC maupun ke Android lain, baik via Wifi maupun bluetooth. Berikut ialah langkah-langkahnya.

  1. Aktifkan bluetooth pada kedua smartphone.
  2. Jalankan ES File Explorer di HP pengirim, kemudian pilih menu – Library – APP.
  3. Kemudian pilih software yang hendak dikirimkan dengan cara tekan agak lama sampai hadir tAnda centang, setelah tersebut pilih Share – Bluetooth dan pilih HP target.
  4. Tunggu sampai target mengizinkan file dikirim. Tunggu hingga proses pengiriman selesai.

Nah, demikian tadi dua cara untuk mengirimkan aplikasi via bluetooth. Sangat mudah dan praktis, bukan? Anda tidak memerlukan wifi atau koneksi internet untuk melakukannya.

Namun perlu diperhatikan bahwa yang dikirimkan di sini hanya Appsnya saja, data tidak termasuk. Jadi katakanlah Anda mengirimkan aplikasi game, yang biasanya membutuhkan data dalam jumlah besar. Jika Anda mengirim game melalui bluetooth seperti di atas, tetap saja yang terkirim hanyalah appnya. Untuk data, si penerima harus mendownload sendiri melalui koneksi internet.

Tertarik mencoba yang mana?

Baca Juga:Daftar Aplikasi Untuk Download Video di Iphone

Inilah artikel kita kali ini mengenai cara mudah mengirim aplikasi android melalui bluetooth. Semoga bisa bermanfaat dan Terima kasih.