Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Cara Menghemat Baterai Android  – Bukan rahasia bahwa kelemahan yang hamper dimiliki semua smartphone android daya tahan baterai yang tidak tahan lama. Bahkan justru banyak hp android yang memiliki waktu standby yang haanya bertahan beberapa jam saja, baterai sudah lemah dan harus di charge kembali. Jika saat tidak digunakan saja hanya bertahan beberapa jam, apalagi jika harus digunakan untuk keperluan berat seperti bermain game.

Memang jika ingin memiliki baterai yang tahan lama berhari-hari seperti ponsel nokia jama dulu, hal itu tidak lah mungkin. Karena yang namanya smartphone atau ponsel pintar, pasti harus memiliki fitur cpu, gpu, layar sentuh, dll. Hal ini lah yang menyebabkan meskipun ponsel tidak digunakan tetap memakai suplai baterai yang cukup besar.

Meskipun hamper semua vendor smartphone terus memberikan kapasitas baterai yang besar sesuai dengan spesifikasi ponsel yang dikeluarkan. Namun biasany rentang waktu daya baterai nya tidak jauh berbeda, karena memang smartphone memerlukan daya yang besar. Hanya saja, yang perlu kita khawatirkana saat ini adalah jangan dalam sehari sampai harus selalu mengisi daya baterai hp.

Tentu saja selain membuat jengkel, jika terlalu sering men-charge hp, daya tahan baterai kamu lama-lama akan berkurang kemudian rusak. Selain itu banyak juga kelebihan ponsel pintar yang justru daya baterai semakin boros, seperti selalu terhubung ke jaringan internet.

Ada beberapa cara menghemat baterai android kamu agar tidak terlalu boros, terutama saat tidak digunakan. Caranya pun terbagi menjadi dua jenis pertama manual atau otomatis menggunakan aplikasi penghemat baterai, yang banyak dijumpai saat ini.

Namaun kali ini kami akan membahas cara agar hp android tidak boros tanpa harus menginstall Aplikasi (manual). Karena antara cara manual atau menggunakan aplikasi sebenarnya sama saja prosesnya, hanya saja jika menggunakan aplikasi bisa dilakukan lebih mudah dan praktis.

Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Cara Menghemat Baterai Android

Cara Menghemat Baterai Android

 Kurangi Kecerahan Layar 

Tentu kecerahan pada layar hp menggunakan cahaya yang mengkonsumsi daya baterai. Semakin terang berarti semakin banyak baterai yanhg terpakai. Kamu bisa setting cahaya layar Hp agar tidak terlalu terang tapi tetap nyaman untuk mata. Atau bisa langsung menggunakan pengaturan fitur kecerahan adaptasif. Yaitu adaptasi terhadap kondisi cahaya sekitar di smartphone kamu yang telah dimiliki hamper semua Hp saat ini.

Tutup Aplikasi Jika Sudah Tidak Digunakan

Aplikasi dan game yang hanya ditutup secara biasa atau menekan tombol home pada smartphone sebenarnya tidak benar-benar tertutup. Hal ini karena fitur multitasking yang ada pada smartphone untuk menjalankan banyak aplikasi bersamaan. Oleh karena itu untuk menghetikan semua aplikasi kamu cukup tap tombol multitasking dan kamu bisa geser/ tutup aplikasi yang tidak kamu gunakan lagi.

Matikan GPS, WiFi, Paket Data, dan Bluetooth Saat Tidak Digunakan

Banyak dari kita sering lupa untuk mematikan fitur-fitur ini setelah digunakan. Namun jika ingin menghemat baterai sangat baik untuk mematikan segala jenis konektivitas Jika tidak sedang menggunakan smartphone. Karena semua fitur GPS, Wi-fi, Paket Data, Buetooth akan menghabiskan daya baterai kamu secara percuma.

Kurangi Widget atau Live Wallpapaer

Penggunaan widget dan wallpaper memang memberikan kemudahan juga mempercantik tampilan handphone. Namun jika dirasa tidak terlalu perlu, sebaiknya kurangi jumlah widget pada layar home Hp Android kamu. Tips lain untuk layar home adalah jangan gunakan wallpaper yang berbentuk animasi atau bergerak karena bakal menyedot daya baterai dengan cepat, jadi matikan Live Wallpaper atau gunakan wallpapaer biasa/tidak bergerak. Dengan begitu otomatis akan menambah daya hidup baterai smartphone.

Persingkat Waktu Tidur (Stand-By) Layar HP

Seperti yang kita tahu bahwa saat hp dalam keadaan stand-by tetap menggunakan daya baterai yang besar dan boros. Lain lagi ceritanya pada saat tidur (time-out). Sama seperti sleep pada laptop, saat time-out hp Android juga mematikan semua aplikasi yang berjalan, dan otomatis akan menggunakan daya baterai seminimal mungkin. Jadi semakin cepat waktu tidur hp kamu semakin bagus.

Charge Baterai Secara Tepat Efisien

Jangan asal sembarang melakukan charge hp, saat terbaik mencas Smartphone adalah saat baterai sudah dalam keadaan lemah. Jangan charge baterai saat sudah kehabisan (kosong) atau saat baterai masih banyak kapasitasnya. Dan juga hal penting lain nya adalah jangan men-charge baterai sampai overcharge, jika telah mencapai 98%-99% silahkan cabut casan hp kamu. Hal diatas walaupun terlihat sepele namun akan sangat membantu dalam menjaga kualitas baterai smartphone. Karen ajika umur baterai menurun otomatis mengurangi daya baterai, walaupun terus menerus di cas sampai penuh.

Tips tambahan lainya mengenai baterai adalah jangan gunakan sembarang charge. Apalagi jika menggunakan charge kualitas murahan, selain proses cas akan lama juga sekaligus mempercepat membuat baterai rusak.

Inilah 5 cara mengatasi baterai android cepat boros dari kami. Inilah beberapa hal penting yang terlihat sepele yang perlu kamu lakukan untuk merawat kondisi baterai smartphone kesayangan kamu. Semoga informasi mengenai cara menghemat baterai android ini bisa bermanfaat. Untuk cara otomatis menghemat baterai silahkan baca artikel kami lainya mengenai aplikasi penghemat baterai.