Cara Mengembalikan Imei Yang Hilang di Android

Cara Mengembalikan Imei Yang Hilang di Android – IMEI memiliki tujuan sebagai identitas yang membedakan antar smartphone, berasal dari singkatan International Mobile Equipment Identity. Jadi setiap Hp juga memiliki identitas layaknya KTP pada manusia, tentu berarti kode IMEI nya pun berbeda-beda. Pada saat membeli smartphone baru pasti ada kode nomor IMEI Hp pada kotak Hpnya. Melalui Kode IMEI ini juga kamu akan bisa mengklaim garansi  jika terjadi kerusakan, karena IMEI ini akan dicata pada kartu garasnsi.

Selain memiliki tujuan utama sebagai identitas sebua ponsel , IMEI juga mempunyai banyak fungsi lainya. Sehingga sangat baik bagi kamu pemilik smartphone untuk menbecek No IMEI Ponsel untuk berjaga-jaga dikemudian hari. Oleh karena itu bagi yang belu tahu cara cek IMEI Hp juga apa fungsinya bisa membaca artikel kami lainya disini.

Sebelum mengetahui cara mengembalikan IMEI yang hilang, ini adalah beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan hilangya IMEI Hp ataupun menjadi invalid / tidak valid / Null.

Penyebab imei hilang pada smartphone android

  • Root handphone
  • Terdapat trouble/masalah di eMMC bisa menyebabkan IMEI tidak terbaca
  • kesalahan dalam penggantian stok ROM
  • Upgrade atau downgrade OS
  • Flashing Hp Android

Walaupun diantara penyebab IMEI tidak valid diatas, proses root smartphone dan flashing Android adalah yang paling sering menyebabkan hilanya IMEI Hp. Tentu ini sering sekali terjadi bagi yang kamu yang sedang coba coba menoprek / mengotak atik Hp android kesayangan. Setelah mengetahui hal hal yang menyebabkan hilangnya IMEI barulah kita menuju Cara Mengembalikan Nomor Imei Yang Hilang.

Cara Mengembalikan Imei Yang Hilang

Cara Mengembalikan Imei Yang Hilang

Cara Mengembalikan Imei Yang Hilang di Android

Jika IMEI kamu hilang tidak perlu panic, Karena banyak metode yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Bahkan imei android ini pun bisa diganti bila diperlukan. Dan perlu diingatkan IMEI yang tidak valid itu sama saja dengan IMEI yang hilang. Karena itu bagi yang bingung-bingung inilah cara mengembalikan imei yang tidak valid.

Cara Mengembalikan IMEI Yang Hilang Lewat Menu Engineering Mode

  • Cara ini sangat mudah dan tidak membutuhkan akses root untuk melakukanya. Namu jika ternyata tidak bisa menggunakan cara lainya dibagian bawah
  • Pada menu diall Hp Ketikkan *#*#3646633#*#* atau *#7465625#. Silahkan dicoba salah satu yang cocok dengan HP Anda.
  • Nantinya kamu masuk ke Menu MTK Engineering Mode
  • Pada MTK Ebginerering, Slide ke kanan menuju Conektivity
  • Kemudia pilih CDS Information, lanjutkan dengan  Tap Radio Information
  • Selanjutnya aka nada pilihan Phone 1 atau Phone 2 bagi yang Dual SIM. Phone 1 bearti SIM 1 begitu pula Phone2 sama dengan SIM 2. Pilih yang ingin kamu perbaiki no IMEI nya, dalam hal ini kami contohkan Phone 1.
  • Pilih Phone 1, llau ketikkan kata  dibawah ini.
    AT+EGMR=1,7,”No IMEI SIM 1″
    – Contoh AT+EGMR=1,7,”358916028096004″
    – Lalu klik SEND AT COMMAND
  • Lalu akan muncul notifikasi “AT command is sent” yang menandakan sukses.

cara mengembalikan imei android dengan terminal emulator

Untuk cara ini sangat membutuhkan akses root atau hp sudah dalam keadaan root. Tapi tentu hal ini bukan masalah karena saya yakin banyak dari pengguna android yang kehilangan IMEI nya karena leluasa mengoprek HP yang sudah di root sebelumnya.

Dan banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan IMEI pada Android ini. Seperti terminal emulator, MTK Engineering Mode, Chamelephon, dll. Dan semuanya bisa dicari dan di install dengan mudah langsung dari play store. Cara menggunakanya pun sangat mudah, dan rata-rata mirip cara penggunaanya. Untuk itu kami akan berikan tutorial salah satu aplikasi diatas yaitu menggunakan Chamelephon.

  • Pertama Pasang aplikasi Chamelephon. Setelah ter-install lalu buka aplikasi.
  • Pada Aplikasi Chamelephon. Tulis IMEI Di Kolom IMEI 1 Dan IMEI 2, Sesuai nomor IMEI Hp yang ada di Kardus Smartphone atau pada bagian belakang di Bawah Tempat Batre
  • Setelah Tulis, Pilih Apply new IMEIs
  • Selesai.Mudah sekali dan Nomor IMEI kamu sudah kembali seperti semula.

Sekian saja ulasan tutorial cara mengembalikan IMEI yang hilang di android. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu kamu yang sedang kehilang no IMEI android kesayangan. Sekian dan terimakasih.