Cara Mengatasi iPhone Bootloop dengan Mudah

Cara Mengatasi iPhone Bootloop dengan Mudah –Kamu sedang melakukan aktivitas di iPhone seperti biasa. Namun mendadak terjadi freeze. Aplikasi yang sedang kamu operasikan jadi hang atau malah iphone ngehang. Lalu, layarnya menghitam. Kamu terheran. Sesaat kemudian, logo Apple muncul begitu saja. Kamu menunggu beberapa menit, namun layar Home tak juga muncul. Iphone tidak bisa nyala, hanya muncul logo apple dan terus stuck di logo logo apple iphone. Apa yang sebenarnya terjadi, apa yang salah? Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Apa itu bootloop?

Bootloop adalah peristiwa yang terjadi ketika iPhone kamu mendadak hang. Kemudian iPhone kamu tidak mau nyala, atau saat nyala hanya stuck di logo Apple. Nah itu namanya bootloop. Kalau sudah terjadi bootloop, maka iPhone kamu tidak bisa digunakan seperti biasa.

Apa penyebab bootloop?

Penyebab bootloop ada macam-macam. Yang pertama, jailbreak. Jailbreak adalah ketika kamu “membuka kunci” iPhonemu, agar kamu bisa menginstal aplikasi dari pihak ketiga selain dari AppStore yang sudah disediakan oleh Apple. Memang di satu sisi jailbreak memungkinkan kamu untuk menginstal aplikasi sesukamu, tapi ada banyak resiko. Misalnya keamanan iPhonemu jadi terancam, mudah diretas, dan lain sebagainya. Selain itu apabila saat melakukan jailbreak terjadi kesalahan, ya kemungkinannya kena bootloop.

Kemungkinan kedua adalah hardwarenya ada yang rusak. Kemungkinan lain adalah baterai iPhone-mu habis saat proses update OS. Jadinya error atau bootloop. Bisa juga karena kamu install aplikasi yang tidak sesuai dengan OS.

Cara Mengatasi iPhone Bootloop dengan Mudah

Cara Mengatasi iPhone Bootloop dengan Mudah

Cara Mengatasi Bootloop pada iPhone

Untuk cara mengatasi iphone hang karena Bootloop ialahd dengan restore iphone. Bootloop memang   bisa disebabkan karena masalah yang sepele, dan bisa juga karena kerusakan operating system. Maka untuk mengatasi bootloop dan membuatnya jadi normal lagi adalah memulai semua dari awal, alias restart total.

Untuk mengatasinya, yang pertama adalah dengan restart paksa. Coba tekan dan tahan tombol power. Atau, kamu bisa mencoba dengan cara menekan dan menahan tombol power + tombol Home untuk memulai ulang paksa.

Apabila dengan reset seperti ini sudah beres, maka tidak perlu khawatir, berarti masalahnya belum parah. Lalu, bagaimana apabila setelah direstart tetap yang muncul hanya logo Apple?

Kamu bisa menggunakan recovery mode. Dari mode recovery kamu bisa melakukan restore iPhone.

Masih tidak bisa menyala? Coba masuk dan gunakan ke recovery mode. Caranya sebagai berikut:

Untuk masuk ke recovery mode caranya cukup mudah kok. Kamu bisa melakukan beragam cara untuk masuk ke recovery mode seperti berikut ini :

  1. Sambungkan kabel USB ke Mac atau komputer yang sudah terinstall iTunesnya. Tapi jangan langsung dicolokkan port Lightning ke iPhone dulu.
  2. Tekan dan tahan tombol Home di iPhone kamu.
  3. Sambil tetap menekan tombol Home, sambungkan kabel charger ke iPhone. Tetap tekan tombol Home.
  4. Jika sudah menampilkan kotak dialog iTunes seperti itu maka kamu tinggal pilih Pulihkan atau Restore untuk melakukan restore dan install ulang iOS dari awal.

Lebih jauh tentang restore adalah sebagai berikut. Setelah masuk recovery mode, kamu bisa mulai mekakukan restore. Lalu ikuti langkah berikut:

  1. Pada menu perangkat, Pilih Pulihkan/Restore iPhone.
  2. Klik Pulihkan/Restore untuk mengkonfirmasi pemulihan.
  3. Tunggu hingga selesai.

NB: Beberapa yang harus kamu ingat saat melakukan proses restore iPhone adalah sebagai berikut :

  1. Sambungan antara Mac/PC ke iPhone ini harus stabil. Kalau hub USB-mu longgar atau gampang disconnect, sebaiknya jangan ganggu-ganggu kabelnya. Kalau mendadak terjadi disconnect, ada kemungkinan kerusakannya menjadi semakin parah.
  2. Gunakan sumber listrik yang stabil untuk PC/Mac, supaya proses restore ini berjalan lancar. Kalau saat restore terjadi listrik padam atau PC/Mac mati, bahaya.

Apabila setelah melakukan inipun masih terjadi bootloop alias saat nyala hanya sampai pada logo Apple saja, berarti kerusakannya ada pada hardware. Kemungkinan kamu harus bawa ke service centre. Pastikan kamu bawa kartu garansi, siapa tahu kerusakannya masih bisa dicover oleh garansi yang kamu punya.

Oh iya, ada kemungkinan kalau melakukan restore ini datamu hilang semua. Jadi untuk mencegah hal sama terulang kembali, rutinlah melakukan backup data iPhone-mu.

Baca Juga : Cara Backup iPhone ke Komputer dan iCloud

Demikian cara mengatasi bootloop pada iPhone. Semoga tidak terjadi kerusakan yang benar-benar parah pada iPhone-mu. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!