Cara Memperbaiki Touchscreen Error di Hp Android

Cara Memperbaiki Touchscreen Error di Hp Android – Saat ini penggunaan perangkat berbasis android sudah sangat besar. Pengguna perangkat gadget pun atau tablet ini pun biasanya dijalnkan dengan fitur touchscreen atau layar sentuh. Semua aktifitas pada ponsel bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan menyentuh layar hp. Sehingga Layar sentuh adalah bagian terpenting agar bisa menggunakan perangkat android karena tidak ada lagi jalan lain seperti bantuan keypad.

Lalu masalah besar terjadi karena rusaknya touch screen, yaitu kamu bakal tidak bisa sama sekali mengoperasikan perangkat Android tersebut. Banyak masalah dan tidak jarang banyak hal bisa terjadi terhadap layar sentuh smartphone. Entah itu hanya sebatas masalah kecil seperti sensitifitas sentuhan dari kinerja touch screen tersebuti. Seperti sentuhan yang terlalu lambat ataupun kelewat cepat. Lebih parah lagi jika layar sentuh tersebut rusak sebagian bahkan sampai sama sekali tidak merespon.

Terdapat banyak penyebab yang bisa mengakibatkan leletnya atu tidak meresponya kinerja touchscreen kamu. Bisa saja diantaranya seperti beban banyak aplikasi yang sedang berjalan pada layar background mengkonsumsi RAM secara penuh, sehingga tidak ada ruang untuk menanggapi sentuhan pada layar. Atau bisa juga karena masalah sepele seperti layar kotor,  maupun penggunaan tambahan pelindung layar yang tidak cocok.

Untuk itu kami akan memberikan cara memperbaiki layar sentuh atau smartphone Android yang tidak merespon. Baik hanya sebagian maupun seluruhnya.

Cara Memperbaiki Touchscreen Error di Hp Android

Cara Memperbaiki Touchscreen Error di Hp Android

Cara Memperbaiki Touchscreen Error di Hp Android

Ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalalah pada layar sentuh smartphone. Namun jika semua car dibawah nanti tidak ada yangt  bekerja, sebaiknya kamu pergi ke servis resmi atau memutuskan mengganti touchscreen Hp android kamu dengan yang baru.

Karena barang tentu apabila harus membawa hp smartphone ke service resmi / center akan memakan biaya yang cukup mahal karena yang rusak adalah bagian terpenting sebuah handset android. Untuk itu silahkan mencoba terlebih dahulu beberapa cara berikut:

  1. Restart Smartphone Android kamu

 Hal pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah merestart perangkat android kamu, karena otomatis dengan merestart hp dapat mengatasi banyak kendala baik error dalam perangkat seperti touchscreen. Cara nya bisa dengan langsung merestar hp, atau mematikan android terlebih dahulu perangkat android kemudian tunggu beberapa saat sebelum di hidupkan kembali. Atau lebih bagusnya dengan mematikan hp android, melepas baterai, kartu memori, tunggu beberapa saat baru dihidupkan kembali.

  1. Membersihkan Layar Smartphone

Langkah sederhana selanjutnya yang harus kamu coba ialah membersihkan layar sentuh perangkat smartphone. Karena bisa saja hal yang menyebabkan error karena layar smartphone yang terlalu kotor ditutupi debu, basah terkena air atau benda lengket lainnya. Sebeleum membersihkan permukaan layar ada baiknya smartphone dimatikan terlebih dahulu ( meskipun rata rata hp saat ini sudah tahan air) lalu bersihkan dengan kain kering secara lembut dan halus. Kemudian coba kamu tes apakah layarnya sudah berfungsi seperti semula.

  1. Melakukan Kalibrasi Layar Perangkat

Jika tidak ada masalah pada sistem hardware perangkat, rata rata masalah layar sentuh yang tidak merespon baik seperti lambat atau terlau cepat, biasanya disebabkan pengaturan layar hp tersebut tidak pas. Karena itu, jika layar sentuh kamu masih berfungsi akan tetapi kurang resfonsif. Kamu  harus kembali melakukan pengaturan kalibrasi layar pada Hp. Untuk kemudian disesuaikan dengan baik. Caranya buka menu Setting >> pilih Display >> lanjutkan ke Calibration. Setelah itu cek sensifitasnya bisa dengan menggunakan kode #*#2664#*#*.

  1. Megosongkan RAM dan mengehntikan Aplikasi background

Seperti sudah disinggung diawal tadi, layar sentuh juga bisa tidak merespon akibat dari beratnya beban proses aplikasi pada smartphone android kamu. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan bersamaan, bisan menyebabkan RAM penuh sehingga RAM tidak bisa memproses kinerja layar sentuh pada smartphone akibat sedang memproses aplikasi kamu yang lainya. Biasanya yang menyebabkan RAM penuh tanpa disadari adalah aplikasi aplikasi yang selalu berjalan di background tanpa sepengetahuan. Jadi, kamu harus segera mengosongkan RAM dengan menghentikan beberapa aplikasi yang berjalan.

  1. Melakukan Factory Reset ( Cara Terakhir)

Cara ini sedikit ekstrim yaitu factory reset. Tapi seperti namanya factory reset maka dengan melakukan proses ini smartphone android kamu akan di-reset dan kehilangan semua aplikasi maupun data dengan mengembalikan semuanya ke pengaturan pabrik. Sebaiknya perlu diingat, cara mempunyai resiko kehilangan semua data pribadi pada hp. Tetapi jika kamu sudah yakin, bisa mencoba sesuai langkah-langkah berikut ini:

  • Matikan Hp android kamu
  • Kemudian dalam ponsel sedang dalam keadaan matii, tekan dan tahan tombol power dan tombol volume atas secara bersamaan sampai muncul gambar android.
  • Pada sistem android, silakan pilih menu wipe data atau factory reset.
  • Lalu tunggu proses selesai sampai smartphone restart sendiri.
  • Silakan di coba layar sentuh pada smartphone apakah sudah normal atau belum

Ini saja 5 cara memperbaiki layar sentuh hp yang error, sebenarnya walaupun semua cara di atas gagal, sebagai cara terakhir ( sebenarnya tidak benar juga dikatakan cara) yang bisa kamu lakukan adalah mencoba memperbaikinya ke service center resmi atau mengganti touchscreen nya dengan yang baru.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak pada Hp

Demikianlah beberapa cara mudah untuk memperbaikii masalah touch screen pada hp android jika ada masalah. Semoga informasi pada artikel ini bisa membantu dan memberikan manfaat, sebelum membawa langsung ke service resmi karna jika harus mengganti baru harga layar touchscreen saat ini cukup mahal. Terima kasih dan Selamat mencoba.