4 Cara Memperbaiki Sistem Android yang Error

4 Cara Memperbaiki Sistem Android yang Error

Tipandroid.com – 4 Cara Memperbarui Sistem Android yang Rusak. Sistem UI Android ialah bagian terpenting yang berfungsi menjalankan semua tugas smartphone. Kerusakan pada sistem android ini dapat berakibat semua aplikasi terhenti tiba-tiba. Jika terjadi, segeralah perbaiki sistem android. Karena untuk aplikasi memperbaiki sistem android saat ini sudah banyak tersedia. Sistem UI Android sendiri merupakan singkatan […]

Tipandroid.com – 4 Cara Memperbarui Sistem Android yang Rusak. Sistem UI Android ialah bagian terpenting yang berfungsi menjalankan semua tugas smartphone. Kerusakan pada sistem android ini dapat berakibat semua aplikasi terhenti tiba-tiba. Jika terjadi, segeralah perbaiki sistem android. Karena untuk aplikasi memperbaiki sistem android saat ini sudah banyak tersedia.

Sistem UI Android sendiri merupakan singkatan dari sistem user interface. Memiliki fungsi untuk memuat semua pengaturan mengenai tampilan. Oleh karena itu, kehadiran Sistem UI pada perangkat android, akan sangat mempengaruhi tampilan layar smartphone.

Atau yang berhubungan langsung dengan pemakainya mulai dari tema, font (tulisan), menu, icon, status bar, dan lain lain. Lalu bagaimana jika system android ini mengalami kerusakan? Otomatis dengan error nya Sistem UI layar akan blank dan berwarna hitam.

Masalah erronya Sistem UI memang kerap melanda pengguna smartphone Android. Kerusakan ini pun bisa saja terjadi kapan saja. Namun biasanya lebih sering terjadi saat selesai mengoprek Android. Hal ini dikarenakan Aplikasi dan Sistem Android tidak saling Support. Akhirnya error dengan pesan “Unfortunately, System UI Has Stopped”, atau “Sayangnya, Sistem UI Telah Berhenti”

Untuk kamu yang sedang bingung menghadapi masalah error ini. Yang harus diketahui lebih dahulu ialah sumber penyebab kerusakan system. Baru kemudian menerapkan solusi yang tepat, sesuai dengan yang akan kami berikan.

Cara Memperbaiki Sistem Android yang Error

Memperbaiki System Ui Android

4 Cara Memperbaiki Sistem Android yang Error

Perbaikan pada sistem android, memerlukan beberapa tahapan. Namun biasanya bisa diatasi tanpa harus repot merestore ulang. Berikut cara dan metode yang bisa coba untuk dilakukan.

  1. Update / Memperbarui Firmware

Firmware atau ROM adalah sistem yang diberikan dari pengembang ponsel untuk Android Kamu. Biasanya pengembang ponsel rutin memberikan update terbaru untuk Kamu.

Manfaat firmware adalah untuk mengurangi bug dan menambal sistem keamanan pada ROM. Selain itu, terkadang firmware terbaru berisi optimasi sistem pada ponsel, sehingga smartphone Kamu bisa berjalan lebih cepat dan ringan. Maka untuk mengatasi launcher yang sering force closed, metode ini juga bisa Kamu coba.

Biasanya ketika Kamu mengupdate, sejumlah aplikasi bawaan akan terupdate, termasuk biasanya Youtube. Ini membuat Youtube Kamu jadi semakin pas dengan ponsel Kamu. Firmware bisa Kamu update sendiri di menu pengaturan. Dapat pula Kamu lakukan melalui PC, tergantung PC Suite yang Kamu gunakan. Jika tidak, Kamu juga bisa membawa ponsel Kamu ke Service Centre yang resmi untuk diupdate oleh pihak teknisi.

  1. Restart Smartphone Android

Cara ini termasuk cara paling sederhana, dan simpel untuk dilakukan. Dan dapat langsung dicoba begitu masalah datang. Proses merestart dan mereboot Android, memang memiliki dampak yang cukup signifikan. Karena dengan memulai kembali, selain mengurangi kelebihan proses pada RAM yang banyak digunakan. Juga merestart system ui android seperti semula.

Sehingga biasanya, selesai restart, hp Android akan kembali normal dan lebih nyaman digunakan. Karena semua aplikasi yang tadinya terhenti, sudah berjalan secara optimal. Begitu juga untuk kapasitas RAM, menutupnya aplikasi tidak penting membuatnya lebih maksimal.

  1. Lakukan Factory Reset pada Hp Android

Apabila dua cara pertama belum membuahkan hasil, terpaksa kamu harus memilih menggunakan cara ketiga atau keempat. Cara ini risikonya ialah kehilangan semua data ponsel, karena akan disetting kembali ke awal. Jadi lebih baik membackup dulu data penting sebelum melanjutkan.

  • Masuk ke menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Lanjut pilih Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Tap “Reset Ulang Telepon”.

Catatan : Metode ini mungkin akan sedikit berbeda di setiap smartphone. Karena letak posisi factory reset yang berbeda. Namun yang perlu dicari ialah menu reset ulang telepon / factory reset.

  1. Bawa Ke Service Center

Sebagai salah satu langkah terakhir, kamu dapat membawa smartphone kamu tadi ke service center terdekat. Hal ini untuk menghindari kerusakan lebih parah. Namun tentu kamu harus bersedia merogoh kocek untuk memperbaikinya.

Sebenarnya aplikasi memperbaiki sistem android memang banyak beredar di play store. Hanya saja rata-rata memerlukan akses root untuk menggunakan nya. Jadi jika kamu termasuk root user, untuk lebih cepat dapat memakai aplikasi tersebut.

Baca Juga : 5 Aplikasi TV Android Tanpa Internet

Ini saja tips cara memperbarui sistem android yang rusak pada smartphone. Semoga bisa bermanfaat dan berguna. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel Terkait :