Cara Memindahkan Aplikasi ke Sd Card

Cara Memindahkan Aplikasi ke Sd Card dengan mudah – Banyak keuntungan dan kelebihan yang bisa didapat  dengan memindahkan aplikasi android ke sd card. Berbagai macam alasan memang membuat pengguna Android ingin aplikasi yang ada pada memori internal dipindahkan ke penyimpanan eksternal (kartu SD). Tentu saja salah satu alasan utamanya nya adalah agar kapasitas penyimpanan di memori internal bisa terisisa banyak.

Memang kian hari bisa kita lihat bahwa para vendor terus menerus memperbesar kapasitas memori internal smartphone keluaran baru mereka. Saat ini bahkan banyak ditemui smartphone android dengan memori internal 32Gb bahkan 64Gb . Dengan tujuan, kapasitas penyimpanan internal yang luas akan membuat kinerja hp Android  pun berjalan cepat dan lebih stabil. Namun tentu masalahnya ada pada smartphone keluaran lama yang memiliki kapasaitas memori internal kurang dari 8GB.

Karena keterbatasan memori internal yang tidak bisa dirubah itulah membuat banyak pengguna Hp Android mencari cara memindahkan aplikasi android ke sd card. Cara memindahkan aplikasi ke Kartu memori sebenarnya sangat mudah. Selain mudah ada banyak cara juga bisa kamu terpakan untuk melakukan nya, seperti menindahkan aplikasi ke memori eksternal tanpa aplikasi, dengan aplikasi, tanpa harus root bahkan bisa lebih mudah lagi dengan Hp yang sudah di root.

Mari kita simak satu-satu penjelasan setiap cara memindahkan aplikasi ke sd card dengan lengkap dibawah ini.

4 Cara Memindahkan Aplikasi ke Sd Card dengan mudah

cara memindahkan aplikasi ke sd card

cara memindahkan aplikasi ke sd card

1. cara memindahkan aplikasi ke kartu sd tanpa aplikasi

Sebenarnya pada hamper setiap Hp Android sudah dibekali dengan fitur bawaan untuk memindahkan aplikasi ke sd card. Sehingga kamu dapat dengan mudah memilih dan memindahkan aplikasi sesuai keinginan. Dan tidak hanya terbatas pada aplikasi saja, kamu juga bisa memindahkan game Android ke kartu SD tanpa aplikasi apapun.

Namun terdapat beberapa kelemahan pada fitur ini ialah, pertama tidak semua Smartphone memiliki fitur ini. Kedua, tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke memori eksternal. Dan terakhir kamu hanya bisa memindahkan aplikasi satu persatu.

Caranya mudah sekali kamu hanya perlu pergi Pengaturan >> Manajer aplikasi >> Cari dan Pilih aplikasi yang hendak dipindahkan >> Pilih Pindahkan ke Memoro Eksternal

2. cara memindahkan aplikasi ke kartu sd dengan aplikasi

Cara kedua ini bisa kamu lakukan dengan bantuan aplikasi. Kamu bisa mengunduh aplikasi pemindah aplikasi ini gratis melalui store. Banyak sekali pilihan aplikasi pemindah ini, kamu cukup menginstall salah satu karena rata-rata memiliki fitur yang sama mudahnya.

Cara menggunakan setiap aplikasi pun hampir sama. Kamu cukup buka aplikasinya lalu pilih aplikasi yang ingin dipindahkan kemudian pilih pindahkan ke Kartu SD. Dan salah satu kemudahan menggunakakn aplikasi pemindah adalah, mereka secara otomatis akan menampilkan semua aplikasi Android yang bisa dipindahkan ke kartu sd. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot memeriksa dan mencari satu persatu aplikasi yang ingin dipindahkan, tentu ini membuatnya jauh lebih mudah untuk dilakukan.

3. cara memindahkan aplikasi android ke memori eksternal dengan root

Untuk cara terakhir ini tentu jauh lebih mudah digunakan dan lebih baik pula hasilnya. Karena setelah melakukan root kamu sudah memiliki hak penuh akan Hp androidmu. Sehingga kamu bisa memindahkan aplikasi yang membandel sekalipun ke Kartu memori. Namun tentu cara ini hanya bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Hamper sama dengan cara kedua, sudah banyak sekali aplikasi pemindah dengan akses root bisa kamu dapatkan di play store dengan mudah. Dan salah satu yang terbaik adalah menggunakan Link2Sd.

4. cara memindahkan aplikasi ke sd card dengan link2sd

Yang membuat Link2Sd menjadi salah satu pemindah aplikasi terbaik adalah karena kemampuan unik yang dimilikinya. Dengan Link2Sd selain dapat memindahkan apk aplikasi ke kartu memori, kamy juga bisa memindahkan data setiap aplikasi ke sd card dengan proses link. Tentu jika dilakukan akan membuat memori internal kamu menjadi lebih luas.

  • Jalankan aplikasi Link2sd. Setelah muncul permintaan untuk akses root, SuperUser, pilihlah “Allow”.
  • Ketika pertama kali memakainya, akan ada pilihan tempat untuk melink-kan aplikasi internal pada partisi kedua yang berasal dari microSD, yakni ext2, ext3, ext4, FAT16/32. Jika tidak bisa berarti kamu harus mempartis Sd Car kamu terlebih dahulu
  • Lalu pilih aplikasi yang mau di pindahkan menuju SD card. Atau untuk memindahkan banyak atau semua aplikasi sekaligus cukup sentuh di softkey (Tombol pilihan), lalu pilihlah “Multi select” atau untuk semua aplikasi cukup dengan menyentuh “Select all”.
  • kemudian pilih menu “Move To Sd Card” untuk memindahkan aplikasi (apk) saja. Atau untuk memindahkan secara keseluruhan termasuk data aplikasi pilih “Create link”.

Inilah beberapa cara memindahkan aplikasi ke sd card yang bisa kami sampaikan. Silahkan dipilih dan dicoba beberapa cara diatas sesuai dengan keinginan. Karena pada dasarnya semua cara diatas sama caranya hanya terdapat beberapa perbedaan pada kemudahan menggunakanya. Sekian dan terima kasih.