Cara Kalibrasi Baterai Android dengan Mudah

Cara Kalibrasi Baterai Android dengan Mudah – Hal yang paling sering dikeluhkan para pengguna smartphone ialah masalah baterai. Tentu saja daya tahan baterai android sangatlah penting, mengingat ialah penopang hidup Hp kesayangab. Percuma memiliki smartphone berkualitas premium sekalipun, jika baterai nya tidak tahan lama.

Lalu hal berikutnya yang sering membuat jengkel jika mulai merasa baterai sudah mulai soak dan lebih cepat habisnya. Kalau sudah begini otomatis baterai android harus terus terusan di charge. Atau menggantinya dengan yang baru. Daripada kamu repot mencari cara jitu untuk menghemat baterai android. Coba dulu untuk mengkalibrasi baterai android kamu.

Tanda Baterai Perlu di Kalibrasi

  • baterai hp mulai cepat habis padahal masih baru dipakai
  • Persentase baterai android tiba tiba habisk
  • indikator baterai android error seperti status naik turun
  • Hp Android sudah mati padahal status baterai belum tersisa 1%

 

Cara Kalibrasi Baterai Android dengan Mudah

Kalibrasi Baterai Android

Pengertian Kalibrasi Baterai Android

Baterai memanglah daya hidup terpenting perangkat gadget. Yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan daya. Dimana baterai juga punya kapasitas penyimpanan daya.

Biasanya perangkat gadget otomatis menampilkan level baterai. Sehingga kita bisa tahu berapa kapasitas yang tersisa pada baterai. Biasanya ditampilkan dalam bentuk persen antara dari 0% hingga 100%.

Lalu seiring berjalannya waktu, maka software pembaca level baterai pun akan semakin berkurang keakuratanya dalam hal persentase baterai. Memang mungkin saja jika masih baru tingkat akurasinya berkurang sedikit. Tapi lama kelamaan akan semakin besar berkurangnya. Oleh karena itu, bisa saja kapasitas baterai sebenarnya masih 80% ternyata ditampilkan hanya 40% di layar.

Jadi Apa itu sebenarnya kalibrasi baterai? kalibrasi ialah semacam cara untuk mengatur ulang kembali. Dalam hal kalibrasi baterai, berarti kita berusaha mengembalikan pengaturan tingkat akurasi pembacaan kapasitas baterai. Jadi kalibrasi sebenarnya bisa dimasukkan sebagai cara memperbaiki baterai hp.

Cara Kalibrasi Baterai Android dengan Mudah

Ada dua metode yang akan kami bagikan. Pertama cara manual bagi yang belum mempunyai akses root. Dan cara selanjutnya memrlukan hp yang sudah dalam keadaan root. Langsung saja disimak Tips Kalibrasi Kalibrasi Baterai HP Android Secara berikut ini.

Cara Kalibrasi Baterai HP Android Secara Manual Tanpa Root

Cara Kalibrasi baterai ini mungkin bisa dikatakan juga secara manual. Karena kita sendirilah yang mengerjakanya. Namun tetap saja layak untuk dicoba. Silahkan ikuti langkah-langkahnya dengan berurutan di bawah ini.

  1. Pertama kosongkan dulu kapasitas baterai. Jika Baterai masih ada silahkan pakai sampai habis. Setelah itu silahkan matikan perangkat androidnya.
  2. Selanjutnya dalam keadaan kondisi yang mati, lakukan proses charge hingga penuh 100%> jangan diapa apakan smartphoneya dalam keadaan ini.
  3. Jika indikator sudah menunjukkan terisi penuh, segera nyalakan hp android, lalu charge lagi hingga baterainya benar-benar 100% penuh.
  4. Sekarang setelah baterai penuh. Pakailah hp android dengan aktifitas yang menguras baterai seperti main game dan lainya. Lakukan hingga hp mati karena kehabisan daya.
  5. Lalu sekarang, charge hp kamu kembali dalam keadaan mati. Sampai keadaan bateraiterisi penuh.
  6. Sebenarnya sampai sini tahap kalibrasi sudah bisa dibilang selesai.

Coba silahkan nyalakan hp android kamu dan gunakanlah kembali secara normal.

Cara Kalibrasi Baterai Android dengan bantuan Battery Calibration (Perlu akses root)

Cara kedua kita akan menggunakan aplikasi kalibrasi android yang bernama battery Calibration. Namun seperti sudah kami jelaskan untuk kalibrasi kali inimembutuhkan hak akses root. Caranya cukup mudah untuk di praktekan.

Aplikasi ini bisa langsung dipasang dan didownload di store. Sesudah menginstal aplikasi silahkan buka aplikasinya. Setelah di buka aplikasi, charge kembali baterai hingga penuh, lalu klik “Calibrate”.

Kemudian gunakan hp android kamu hingga baterainya benar benar terkuras habis. Lalu dalam keadaan mati charge sampai baterai penuh 100%. Dan jangan di apa-apakan dalam kondisi ini.

Sampai sini proses sudah selesai.

Dengan melakukan kalibrasi baterai android, kamu akan mendapatkan hasilnya nanti. Karena seperti penjelasan pengertian kalibarsi diatas dari kami. Dengan melakukan cara ini kita akan mengembalikan keakuratan indikator pembaca persentase level baterai.

Baca Juga:Cara Memperbaiki Touchscreen Error di Hp Android

Ini saja Cara kalibrasi Beterai Android dengan Mudah. Semoga bermanfaat dan langsung bisa dicoba. Terima kasih banyak.