Cara Bluetooth Iphone ke Android dengan Apps AirBlue

Cara Bluetooth Iphone Jailbreak ke Android dengan AirBlue Sharing- Android maupun i-Phone sama sama dilengkapi dengan fitur Bluetooth. Adanya Bluetooth melengkapi fitur yang ada dalam smartphone baik android maupun iPhone sehingga pengguna bisa dengan mudah melakukan transfer data seperti foto, lagu, video, file dan lain sebagainya.

Hal ini tidak berlaku bagi iPhone, meskipun fitur Bluetooth telah tersedia di dalam perangkat, bukan berarti pengguna iPhone bisa menggunakannya sama seperti smartphone lain. Bluetooth di smartphone iPhone terkadang kurang bersahabat dengan smartphone lain misalnya android.

Karena memang perangkat iOS seperti iPhone dan iPad memang tidak bisa mengirim file via Bluetooth ke perangkat lain. Hal ini menyebabkan banyak pengguna mengeluh dan merasa kesulitan untuk mengirim file dari iPhone ke Android melalui bluetooth.

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Pihak Apple memang membatasi Bluetooth pada iPhone dan iPad dengan alasan keamanan. Seperti proteksi terhadap virus yang dapat menyelinap ke dalam iPhone melalui bluetooth. Virus ini mampu merusak sistem dalam iPhone itu sendiri sehingga pihak Apple memberikan keamanan dengan membatasi penggunaan bluetooth. Apple juga melakukan block pada aplikasi di Apps Store yang dirasa kurang aman,  tapi dibalik semua alasan itu, tentu ada solusi untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Cara Bluetooth Iphone ke Android dengan Apps AirBlue

Apps AirBlue Sharing untuk Kirim File

Cara Bluetooth Iphone Jailbreak ke Android dengan Air Blue Sharing

Jadi bagi pengguna iPhone yang tetap ingin melakukan transfer file dengan Bluetooth, harus terlebih dahulu melakukan jailbreak. Agar bisa dengan mudah melakukan transfer dengan bantuan aplikasi AirBluesharing. Untuk lebih jelasnya simak tips-tips berikut:

  1. Melakukan JailBreak iPhone

Jailbreak merupakan proses yang dilakukan untuk menghilangkan batasan Apple terhadap perang kat iOS yang kita miliki. Hampir sama dengan proses rooting yang ada pada Android, dikutip dari pusatgratis.com fungsi dari jailbreak cukup menguntungkan para pengguna iPhone yakni :

  • Meloloskan perangkat iOS dari batasan Apple.
  • Menginstall aplikasi iOS dengan lebih mudah dan bebas.
  • Memudahkan dalam memodifikasi perangkat iOS
  • Membebaskan pengguna dari aplikasi yang di block oleh Apple sehingga pengguna iOS dapat menginstall aplikasi tanpa terhalang block tersebut.

Bagaimana cara melakukan jailbreak? Yuk disimak!

  • Download Absinthe di http: //www.iclarified.com/entry/index.php?enid=19464
  • Ekstrak file Absinthe yang sudah kamu download
  • Double klik pada file absinthe-win-win-2.0.exe
  • Setelah folder absinthe-win-2.0 muncul, buka folder tersebut dan klik absinthe.exe.
  • Ketika muncul instruksi, baca dan pahami. Kemudian hubungkan iPhone dengan PC dengan menggunakan USB. Pastikan passcode dan setting VPN dihilangkan terlebih dahulu (jika ada).
  • Klik tombol jailbreak dan proses jailbreak dimulai tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah proses jailbreak selesai, tampilan pada layar iPhone berubah dengan Cydia.
  1. Transfer file Menggunakan Aplikasi AirBlueSharing

Untuk menggunakan aplikasi ini usahakan iPhone kamu sudah mengalami jailbreak, kemudian buka Apps Store dan carilah aplikasi AirBlueSharing. Meskipun aplikasi AirBlueSharing ini merupakan aplikasi berbayar untuk iOS.

Yang tersedia di Apps Store dengan harga $ 4.99 atau setara dengan 70 ribu rupiah namun, harga tersebut terbilang murah jika melihat dari fungsinya.  Aplikasi ini memiliki ukuran file yang kecil sehingga ramah bagi RAM di iPhone kamu. Langkah – langkah untuk menggunakan aplikasi ini :

  • Lakukan instalasi aplikasi AirBlueSharing pada perangkat iOS kamu. Setelah aplikasi berhasil terinstall pada iPhone, kemudian buka aplikasi dengan tap pada icon yang muncul di springboard hp iPhone kamu.
  • Jika aplikasi sudah terbuka, langsung aktifkan Bluetooth pada iPhone. Bluetooth pada perangkat android yang ingin kamu kirimkan file juga harus diaktifkan.
  • Tekan dan tahan Aplikasi AirBlueSharing hingga muncul icon seperti pesawat kertas, kemudian tap icon pesawat kertas tersebut dan tunggu aplikasi tersebut memindai perangkat untuk mencari Bluetooth dari smartphone lain yang ingin kamu kirim file.
  • Jika nama Bluetooth sudah muncul di layar iPhone, tap pada nama Bluetooth yang muncul tersebut dan tunggu proses transfer file hingga selesai.

Untuk melakukan pengiriman dari Android ke iPhone/iPad, usahakan aplikasi AirBlueSharing tetap aktif. Caranya sangat mudah sekali yaitu pengguna Android cukup mengirimkan file seperti biasanya.

Baca Juga: Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Smartphone

Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan informasi  bagi pengguna iPhone yang ingin bertukar file dengan perangkat Android ataupun sebaliknya. Selamat mencoba.