Cara Backup Data Android Ke Pc atau laptop

Cara Backup Data Android Ke Pc atau laptop – Dewasa ini hampir semua file dan data penting banyak disimpan pada smartphone atau Hp android. Kemudahan yang ditawarkan android, memang sering menjadikan nya pilihan utama karena akan selalu dibawa kemana mana. Sehingga data penting pun bisa selalu diakses kapan saja saat dibutuhkan para pemiliknya, dan sudah bisa dikatakan saat ini pengganti Flashdisk.

Selain mudah dibawa, kapasitas penyimpanan Memori yang dimiliki banyak ponsel pintar sekarang pun sangat besar sekali. Jadi dapat juga digunakan menyimpan semua jenis file seperti musik dan video, tanpa harus membawa alat player tambahan untuk memutarnya. Memang masih banyak lagi alasan lainya menjadikan Hp android sebagai tempat penyimpanan file.

Tapi Android yang kerap kali berperan sebagai media penyimpanan data file penting ini, bisa rusak dan error tanpa pemberitahuan lebih dulu. Penyebabnya pun banyak sekali, bisa karena virus, rusaknya kartu memori, sistem android bermasalah sampai parahnya lagi kalau Hp smartphone hilang atau dicuri.

Untuk itu, sabagai penggunanya selain harus menjaga memori Hp Android agar tidak rusak, sangat juga di saran kan untuk sering memback up file di android. Agar dapat menghindari banyak masalah nanti kedepanya.

Dalam upaya pem-backup pun sangat disarankan sekali memprioritaskan data yang paling penting, seperti file pribadi, atau dokumen masalah kerja. Baru untuk kemudian membackup Foto foto kesayangan. Kenapa kami sarankan begitu, memang bisa sekaligus membackup semua data di android.

Tapi tentu hal itu akan memakan banyak waktu jika dilakukan dalam sekali backup.Karena biasanya file Musik dan Video favoritmempunyai ukuran file yang besar. Ditambah lagi aplikasi atau game pun biaanya memiliki size data yang super besar.

Cara Backup Data Android Ke Pc atau laptop

Cara Backup Data Android Ke Pc atau laptop

Cara Backup Data Android Ke Pc atau laptop

Untuk cara pem backup data android . Kini bisa dilakukan secara online ataupun offline. Maksudnya, jika dulu penyimpanan data hanya bisa dilakukan bagi yang mempunyai Komputer/Laptop bisa dibilang offline. Tapi kini backup bisa disimpan pada situs online seperti Google Drive, Dropbox, dll,  yang memang menyediakan penyimpanan berbasis online.

Kelebihan backup online pun tentu bisa di akses dimanapun selama memiliki akses internet. Tapi back up data android ke pc atau laptop juga lebih baik karena bisa di akses sesuai keinginan tanpa harus online.Berikut ini kami jelaskan beberapa cara backup data android online maupun offline:

Cara backup data android online dengan akun google

Cara pertama ini memang mudah karena tidak membutuhkan aplikasi apapun, maupun kehadiran PC atau Laptop. Karena kita akan membackup menggunakan aplikasi yang sudah disediakan pada setiap smartphone android.

File hasil backup nanti akan dimasukkan ke akun Google, sehingga untuk memulihkan file nanti, kamu perlu terhubung ke internet dan login menggunakan akun Google saat backup. Caranya ialah:

  • Buka menu Settings atau Pengaturan
  • Pilih menu Personal, lalu tap Backup & Reset
  • Kemudian aktifkan “Back up my data“.
  • Selanjutnya kembali ke menu Setting, pilih menu Personal
  • Kali ini tap Account and Sync.
  • Silahkan login ke salah satu akun Google kamu.
  • Setelah itu lakukan proses sinkrokinasi untuk membacup data dengan Google Backup.
  • Tunggu samapi mucul daftar data file yang bisa dibackup. Silahakn pilih file data yang penting terlebih dahulu, atau semuanya jika ada waktu.

Cara Backup Data android Offline ke PC

Untuk cara ini kita akan menggunakan bantuan aplikasi seperti Easy backup and restore. Untuk selanjutnya baru dipindahkan ke pc atau laptop.

  • Silahkan  download dulu aplikas Easy Backup & Restore dari play Store.
    Kemudian Install dan jalankan aplikasi
  • Jiaka kamu diminta membuat backup. Tap “Yes“.
  • Silahkan centang data file yang ingin di backup
  • Lalu pilih OK.
    Kemudian pilih kokasi untuk menyimpan backup. Kamu bisa memilih memori interna tapi disarankan memilih SD Card yang lebih besar kapasitasnya,
  • Tentukan leta folder penyimpanannya,
    Tentukah nama file backup (opsional), Setelah itu Tekan OK.
  • Tunggu sampai proses selesai, kemudian silahkan pindahkan folder penyimpanan hasil backup tadi ke PC atau Komputer kamu.

Banyak sekali  aplikasi Backup data Android seperti ini. Kamu bisa menggunakan aplikasi backup lainya yanga ada di Google Play Store, seperti Mobile Backup 2, JS Backup, My Back Up, App Backup dll. Karena cara penggunanya sangat mudah dan hampir sama seperti aplikasi yang kami contohkan diatas.

Sebenarnya ada juga bantuan aplikasi lain yang membutuhkan akses root seperti titanium back up, kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi backup root pun adalah data aplikasi atau game pun bsa di back up. Sementara untuk aplikasi backup non root biasanya hanya bisa mem backup apk nya saja.

Baca Juga :Cara Format SD Card Langsung Dari Hp Android

Inilah akhir artikel kita kali ini mengenai cara backup data android ke pc atau laptop, yang bisa dilakukan secara online ataupun offline. Semoga bermanfaat, terima kasih dan selamat mencoba!