Alasan utama kenapa harus root android – inilah 7 alasan dasarnya

Alasan Kenapa Harus Root Android – Sebelum melakukan proses root smartpone, tentu akan lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu kenapa harus melakukan root hp. Karena jika kita tahu alasan melakukan sesuatu, kita tentu akan semakin yakin dan mengetahui tujuan melakuakanya.

Bingung harus melakukan root atau tidak?

Mengapa harus root Android?

Apa kelebihan jika kita melakukan root pada smartphone?

Atau sudah tahu dan ingin memastikan keputusan untuk melakukan root.

Banyak sekali tujuan dan manfaat melakukan root pada smartphone. Namun Info yang saya berikan ini adalah alasan utama atau penting kenapa  harus meroot hp. Ditujukkan kepada kita yang masih awam tentang smartphone. Bukan alasan khusus buat kelas menegah atau master seperti memasang Custom kernel, Custom recovery, dll. Yang saya pun sampai saat ini tidak mengerti urusan custom kernel dll.

Oleh karena itu, mari kita bahas 7 alasan utama melakukan root hp satu persatu lebih mendalam.

Alasan Kenapa Harus Root Android

Alasan Kenapa Harus Root Android

7 Alasan Kenapa Harus Root Android

  1. Mendapatkan akses penuh terhadap smartphone

Setelah melakukan root maka sobat akan mendaptkan hak penuh akan hpnya. Jadi kamu bisa melakukan apa saja yang kamu mau. Tentu saja tetap harus berhati-hati, apalagi kita yang tidak begitu mengerti. Tapi tidak perlu telalu dikhawatirkan, karena biasanya niat kita bukan untuk mengotak-atik smartphone kita. 

  1. Menghapus aplikasi bawaan (bloatware)

Ini biasanya menjadi alasan utama kita memerlukan root. Seperti kita ketahui, Sebagai pengguna Android OS, kita tidak memiliki akses penuh terhadap smartphone kita.

Hal ini karena para vendor android OS beralasan, dapat menimbulkan kerusakan, atau menghilangkan system keamanan.

Tapi karena penghalang ini juga banyak disisipkan aplikasi yang tidak bisa dihapus. Padahal sama sekali tidak mempengaruhi keamanan hp. Justru mempersempit ruang penyimpanan smartphone kita.

  1. Memperluas penyimpanan memori internal

Setelah memori internal kita diperkecil dengan banyaknya aplikasi bawaan. Hal ini biasanya ditambah juga dengan banyak aplikasi bagus yang bandel, tidak bisa diinstal atau dipindah ke memori eksternal ( sd card).

Sehingga mempersedikit jumlah aplikasi yang bisa diinstal di smartphone kita.

Namun setelah melakukan root kamu bisa memindahkan semua aplikasi ke sd card. Dengan begitu memori internal hanya akan dipergunakan untuk beberapa aplikasi system atau aplikasi penting saja.

  1. Melakukan back up dan restore semua aplikasi

Jika terjadi suatu kerusakan pada hp, atau sekedar ingin menjaga peforma hp biasanya kita melakukan factory reset.

Namun setiap selesai mengembalikan hp ke versi pabrikan, tentu kita juga harus menginstall ulang semua aplikasi yang bakal  membuat repot.

Nah untuk itulah diperlukan aplikasi backup yang lebih baik dan optimal mengharuskan memiliki akses root. 

  1. Menginstal aplikasi yang memerlukan akses root

Tentu kita sadar bahwa, banyak sekali aplikasi bagus yang memerlukan akses root untuk memakainya secara penuh.

Apalagi kita merasa sangat membutuhkan aplikasi tersebut, contohnya aplikasi peniada iklan, backup penuh, dll.

Tentu hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor kita terpikir untuk melakukan root hp.

  1. Blokir Iklan pada semua aplikasi

Siapa yang tidak terganggu dengan banyaknya iklan yang hamper ada di semua aplikasi android. Walaupun Kita paham bahwa sesekali iklan muncul di aplikasi itu wajar. Tetapi iklan sering kali iklan muncul dan memakan data internet  yang banyak. Atau bahkan iklan itu sendiri mengganggu tampilan saat menggunakan aplikasi.

Memang banyak aplikasi yang mengklaim bisa menghilangkan iklan tanpa root. Namun tidak ada yang benar-benar bisa menghilangkan nya tanpa harus root terlebih dahulu.

Jadi jika Kamu ingin memblokir iklan pada aplikasi atau pada perangkat android, root adalah cara terbaik untuk melakukannya. AdFree, AdBlock Plus, dan Ad Away, semua merupakan pilihan yang terbaik untuk urusan menghilangkan iklan pada hp. Namun semua aplikasi itu memerlukan proses root agar dapat menggunakan aplikasi tersebut.

  1. Meningkatkan Ketahanan Daya Hidup Baterai.

Jika kamu merasa smartphone kamu memiliki baterai yang boros, lebih baik cari tahu dulu penyebabnya. Sebenarnya daya tahan baterai dapat diatur sedimikian rupa oleh kita sendiri.

Pernah mendengar istilah wakelock? Wakelock adalah keadaan dimana sistem terbangun oleh aplikasi-aplikasi yang berjalan di background. Banyak sekali aplikasi bawaan sistem maupun aplikasi biasa lainya, bahkan untuk aplikasi tak terpakai yang berjalan pada background dan mengambil banyak daya.

Dampaknya, Android kamu jadi boros baterai dan RAM karena adanya aplikasi yang menggunakan resource smartphone (daya baterai dan RAM) walaupun sedang tidak digunakan.

Nah, itu dia alasan utama kenapa harus root hp. Walaupun memiliki dampak negative, namun tidak perlu khawatir. Sekarang sobat bisa melakukan unroot dengan mudah, jadi jika tidak suka tinggal melakukan unroot.

Sekian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat untuk memberi pengetahuan seputar root. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa melalui kolom komentar, terima kasih banyak.